Aksi Heroik Pekerja Bangunan Selamatkan Alquran Seberat 100 Kg di Masjid Jakarta Islamic Center

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:43 WIB
loading...
Aksi Heroik Pekerja Bangunan Selamatkan Alquran Seberat 100 Kg di Masjid Jakarta Islamic Center
Empat pekerja bangunan saat menyelamatkan Alquran berukuran besar di Masjid Raya Jakarta Islamic Center.Foto/Tangkapan Layar/@merekamjakarta
A A A
JAKARTA - Ada kisah heriok yang dilakukan sejumlah pekerja bangunan saat peristiwa kebakaran kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara, kemarin. Empat orang pekerja bangunan memberanikan diri menyelamatkan Alquran berukuran besar yang ada di masjid tersebut.

Aksi heroik yang dilakukan empat pekerja ini viral di media sosial setelah diunggah akun Instagram @merekamjakarta. Berdasarkan rekaman video, empat pemuda tersebut datang dari luar dan masuk ke masjid menuju lokasi Alquran besar ditempatkan.

"Alquran bisa enggak? Ayo, ayo, Alquran ini harus kita pindahkan," ujar orang yang merekam video tersebut. Tidak berapa lama, sejumlah pemuda mengangkat Alquran besar tersebut, video berdurasi 45 detik dalam sekejam langsung menjadi gelap.

Kemudian dalam hitungan detik pemuda tersebut berhasil membawa Alquran besar dari dalam masjid menuju tempat yang aman atau jauh dari lokasi api melahap kubah masjid. Baca: Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center

Kepala Sub Divisi Pengkajian Jakarta Islamic Center, Paimun Karim mengatakan, orang-orang yang menggotong atau membawa Alquran dari dalam masjid itu merupakan pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi.

"Mereka bukan dari kita tapi dari pekerjayang merenovasi bangunan yakni orang PT Dwi Agung Sentosa Pratama," kata Paimin saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Kamis (20/10/2022).

Berdasarkan informasi yang didapat, Alquran raksasa tersebut merupakan pemberian dari Universitas Sains Alquran Wonosobo sebagai penghargaan atas berdirinya masjid JIC pada 2002.

Alquran tersebut memiliki ukuran 100cmx50cm dengan berat kurang lebih 100 kilogram dan murni ditulis tangan oleh para santri.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)