Jelang Akhir Jabatan, Ini Terobosan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta

Minggu, 02 Oktober 2022 - 09:00 WIB
loading...
Jelang Akhir Jabatan, Ini Terobosan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jelang masa jabatan usai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan terobosan dengan melakukan sejumlah agenda peresmian terkait programnya. Sejumlah agenda peresmian dikebut selama sebulan terakhir saja.

Bahkan, Anies meluncurkan sejumlah program di antaranya sekolah net zero, taman literasi, rumah DP 0 persen, dan lain-lain. Dalam rangkuman SINDOnews, berikut daftar peresmian yang menjadi agenda Anies selama September 2022:

1. Gedung sekolah konsep Net Zero dan Green Building

Anies meresmikan gedung sekolah baru dengan konsep net zero dan Green Building dengan arsitektur abad ke-21 di SDN Ragunan 08, Jalan Harsono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Anies meresmikan sekolah net zero pertama tersebut pada Rabu, 28 September 2022 kemarin. Baca juga: Anies Dosen Tamu di Sciences Po Paris, Beberkan Keberhasilan Integrasi Transportasi Jakarta

”Jadi, ini sekolah negeri pertama di Indonesia yang menggunakan konsep net zero dan dengan konsep seperti ini. Sehingga seluruh standarnya atas standar ramah lingkungan, sekolah dengan konsep net zero,” kata Anies.

2. Empat pasar binaan BUMD Perumda Pasar Jaya

Menyambut musim panen, Anies Rasyid Baswedan meresmikan empat pasar binaan BUMD Perumda Pasar Jaya. Empat pasar binaan yang diresmikan di wilayah Ibu Kota.

”Pasar Cipinang Kebemben, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat. Dengan mengucap basmalah, pada hari ini Kamis tanggal 22 September 2022 dengan ini secara resmi dinyatakan dibuka,” kata Anies.

3. Revitalisasi Kota Tua

Anies merampungkan revitalisasi Kota Tua Jakarta yang menghabiskan biaya sebesar Rp102 miliar di kawasan Jakarta Barat dan Utara.

Adapun kawasan Kota Tua yang direvitalisasi ialah pengendalian banjir di kanal Museum Bahari, penataan kali besar timur, penataan kawasan pedestrian jalan lada dan Plaza Beos, pembangunan Kampung Susun Kunir, Kampung Susun Tongkol, dan Kampung Akuarium. Baca juga: Lucu, saat Anies Menirukan Gaya Ahok dan Ahok Berperan Jadi Anies

”Jadi kawasan ini, kawasan Batavia merupakan tempat penuh sejarah. Datang ke sini bukan melihat masa lalu, datang ke sini untuk melihat masa depan. Masa depan kota modern, ditempatkan di kawasan paling tua di kota ini,” terang Anies.

4. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Anies resmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Transit Oriented Development (TOD) Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu 18 September 2022. Taman Literasi tersebut guna titik temu dunia literasi bagi seluruh kalangan.

”Kita sebagai orang tua seringkali ingin anak kita suka membaca, tapi perginya ke mana ya, gitu? Ke perpustakaan dan toko buku sudah biasa. Adakah terobosan-terobosan? Ada, tapi tempatnya di mana? Tidak tahu. Nah, dengan ada tempat ini, Insya Allah antara demand dan supply akan bertemu. Tapi, ini adalah tempat pertemuan ide dan gagasan,” jelas Anies.

5. Kampung Susun Kunir Jakarta Barat

Anies juga meresmikan Kampung Susun Kunir, Taman Sari, Jakarta Barat bagi warga yang terdampak penggusuran pada 2015 di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Kampung Susun Kunir berlokasi di kawasan Kota Tua dengan jumlah satu blok dengan total unit hunian sebanyak 33 terdiri dari empat lapis lantai bangunan dan satu semi fisik.

“Semoga menjadi babak baru bagi warga di Kampung Kunir ini. Tujuh tahun dilewati dengan masa penuh cobaan. Kami di DKI Jakarta insya Allah akan terus-menerus menjaga ini,” kata Anies pada Sabtu, 10 September 2022.

6. Rumah tinggal DP Rp0

Peresmian rumah tinggal DP Rp0 bagi warganya, kembali diluncurkan Anies di Nuansa Cilangkap dan Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian DP Rp0 tersebut, dikerjakan Perumda Sarana Jaya sebanyak 480 unit di Pondok Kelapa dan 868 unit di Cilangkap.

7. Masjid Raya Muhammadiyah Uswatun Hasanah

Anies meresmikan Masjid Raya Muhammadiyah Uswatun Hasanah di Jalan Raya Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. Peresmian Masjid tersebut, dirasa istimewa oleh Anies lantaran Jakarta sedang dilanda penurunan permukaan daratan imbas penggunaan air tanah berlebihan.

Ia menilai masjid Uswatun Hasanah dapat menjadi contoh untuk mendaur ulang air yang telah terpakai.

“Tapi sebaiknya jangan kembalikan airnya ke dalam tanah, karena saat ini permukaan air tanah di Jakarta itu mengalami penurunan. Di sini banyak sekali pemanfaatan air agar dikelola dengan baik, menjadi contoh masjid yang airnya di daur ulang,” kata Anies.

8. Gedung Teater Graha Bhakti Budaya

Anies meresmikan Gedung Teater Graha Bhakti Budaya di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/9). Kehadiran Anies di Graha Bhakti Budaya menjadi babak baru bagi seni performance di Jakarta.

”Ini menjadi hari bersejarah, Graha Bakti Budaya untuk pertama kalinya digunakan kembali dengan menggunakan teknologi terbaru menggunakan pendekatan state of the art, yang Insya Allah ini menandai babak baru dari tampilnya kegiatan seni performance di Jakarta,” ujar Anies.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3355 seconds (10.177#12.26)