Anies Penuhi Panggilan KPK, Sahabat Jawara Bersatu: Kedepankan Proses Hukum yang Adil

Rabu, 07 September 2022 - 16:59 WIB
loading...
Anies Penuhi Panggilan KPK, Sahabat Jawara Bersatu: Kedepankan Proses Hukum yang Adil
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan KPK untuk memberikan klarifikasi terkait penyelenggaraan Formula E. Foto: MPI/Arie Dwi Satrio
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anies datang untuk memberikan klarifikasi terkait penyelenggaraan Formula E di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Ketua Sahabat Jawara Bersatu Achmad Kholidin berharap KPK transparan dan tetap mengedepan prinsip due process of law (proses hukum yang adil).

Baca juga: Anies Datangi KPK, Upaya Membaurkan Kemajuan dan Gagasan Soal Formula E

"Jangan dijadikan alat dalam mengkriminalisasi seseorang, terlebih lagi menjadi alat kepentingan politik," tegas Achmad Kholidin dalam keterangannya, Rabu (7/9/2022).

Kholidin menegaskan, Sahabat Jawara Bersatu akan terus mengawal Anies Baswedan, karena merasa ada kejanggalan.

"Saya melihat adanya hal beda dalam proses penyelidikan ini. Pemeriksaan saksi sudah sejak lama diperiksa sebelum acara Formula E digelar," bebernya.

Selain itu, kata dia, pagelaran Formula E di Jakarta juga sukses dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, khususnya DKI Jakarta.

"Fomula E berlangsung dengan sukses, namun tiba-tiba timbulkan pemeriksaan sesaat Pak Anies akan menyelasaikan masa jabatannya sebagai gubernur DKI, kan ini sangat aneh," ketus Kholidin.



Diketahui, Anies mendatang KPK sekitar pukul 09.27 WIB. Anies terlihat turun dari mobil seorang diri tanpa pengawalan saat memasuki Gedung Merah Putih KPK.

Anies datang mengenakan baju dinas Pemprov DKI Jakarta saat memenuhi panggilan KPK. Ia juga tampak membawa map berwarna biru.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, pihaknya mengundang Anies Baswedan untuk dimintai klarifikasi terkait penyelenggaran Formula E. Salah satu yang ingin diklarifikasi ke Anies, yakni proses perencanaan Formula E.

Menurut Alex, tim penyelidik ingin mengetahui lebih detail bagaimana proses perencanaan hingga pelaksanaan Formula E yang telah dilangsungkan di Jakarta.
Untuk diketahui, ajang balap Formula E telah berhasil digelar pada 4 Juni 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

"Kan itu sudah terlaksana, yang pertama kan seperti itu. Kita pengen tahu juga bagaimana pelaksanaannya, apakah kemarin mendapatkan keuntungan," ungkap Alex.

"Karena kalau tujuannya bisnis pasti kan pertimbangannya ini nanti mendapatkan keuntungan, banyak wisatawan yang datang menginap, menumbuhkan ekonomi, kan seperti itu yang perlu kita klarifikasi," pungkasnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2279 seconds (10.55#12.26)