40 Rumah Terbakar di Cakung, Pemkot Jaktim Siagakan Posko Pengungsi

Selasa, 30 Agustus 2022 - 09:02 WIB
loading...
40 Rumah Terbakar di Cakung, Pemkot Jaktim Siagakan Posko Pengungsi
Sebanyak 40 rumah warga di Jalan Swadaya PLN RT 13/02, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, hangus dilahap si jago merah. Foto/MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Kebakaran hebat yang menghanguskan 40 rumah di Jalan Swadaya PLN, RT 13/RW 02, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin (29/8/2020).Pasalnya, ratusan warga yang kehilangan rumahnya tersebut perlu pertolongan untuk diungsikan sementara.

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Ridwan mengatakan, guna menanggulangi pengungsi kebakaran, pihaknya menyiapkan posko tenda darurat yang didirikan di lokasi yang tidak jauh dari pusat kebakaran kemarin.

”Posko disiagakan selama tujuh hari. Tenda sudah didirikan dan bantuan sudah mulai di distribusikan kepada warga,” kata Ridwan, Selasa (30/8/2022).

Ridwan mengungkapkan, selain mendirikan posko pengungsian darurat, Sudin sosial Jakarta Timur memberikan bantuan logistik berupa pakaian, perlengkapan tidur dan alat mandi. Bantuan berupa makanan dan minuman siap saji diberikan kepada korban kebakaran.

Ketua RT 13/RW 02, Insuwandi mengungkapkan warganya yang sejumlah 54 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 150 jiwa alami kehilangan tempat tinggal. Warganya sudah ikhlas menerima musibah tersebut sehingga tidak ada rasa ingin menyalahkan siapapun.



”Bisa dibilang 90 persen ya harta benda yang ada tidak bisa diselamatkan. Karena kebakar ya jadi cuma menyelamatkan diri aja gitu yang paling utama,” katanya.

Tenda pengungsian yang dipersiapkan sementara akan didirikan empat tenda, yakni dua dari Sudin Sosial Jakarta Timur dan dua dari BPBD DKI Jakarta. Sudin Lingkungan Hidup siapkan toilet portabel, dan terkait kesehatan disediakan Puskesmas Kecamatan Cakung.

Diketahui, Kebakaran tersebut melanda di pemukiman warga Jalan Swadaya PLN RT 13/02, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur pada Senin (29/8/2022). Kebakaran yang menghanguskan 40 rumah tersebut terjadi lantaran korsleting listrik.

Pemadaman kebakaran menjelang waktu subuh tersebut juga alami sejumlah kesulitan, salah satunya akses jalan menuju lokasi. Untuk itu 16 unit mobil pompa dikerahkan, total kerugian 40 rumah semi permanen dan permanen hangus terbakar tak tersisa.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)