Jakarta Tuan Rumah U20 Mayors Summit, Anies dan Sejumlah Pemimpin Kota Dunia Bakal Kerja Sama 3 Hal Ini

Senin, 29 Agustus 2022 - 12:37 WIB
loading...
Jakarta Tuan Rumah U20 Mayors Summit, Anies dan Sejumlah Pemimpin Kota Dunia Bakal Kerja Sama 3 Hal Ini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban 20 atau U20 Mayors Summit yang diselenggarakan pada 30-31 Agustus 2022 mendatang. Sejumlah pemimpin kota dari berbagai belahan dunia akan ambil bagian dan kegiatan U20 Mayors Summit tersebut.

U20 Mayors Summit menjadi puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal memimpin siklus U20 kelima tahun 2022 ini dikarenakan Jakarta bertindak sebagai tuan rumah.

"U20 Mayors Summit turut mengundang kepala daerah dan Gubernur anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama, yakni investasi kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial untuk semua. Kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan. Terakhir, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan demi akses pasar kerja yang merata untuk semua," kata Anies dalam keterangannya dikutip, Senin (29/8/2022).

Anies menuturkan, pentingnya event seperti ini untuk saling tukar pikiran, ide, dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik.

“Dengan semakin meng-kota-nya dunia ini, maka kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota," tuturnya. Baca: Anies: U-20 dan Presidensi G20 Bukan Pertemuan Basa-basi

U20 Mayors Summit akan dihadiri 12 delegasi kota yaitu, Wali Kota Los Angeles, Rotterdam, Tshwane, Gubernur Tokyo, Mumbai (Komisaris dan Administrasi Kota, BMC), Sydney (Wakil Wali Kota), Berlin (Sekretaris Tetap Kewarganegaraan Aktif, Dukungan Demokrasi dan Hubungan Internasional), São Paulo (Wakil Sekretaris Hubungan Internasional).

Madrid (Wakil Direktur Hubungan Internasional), Moskow (Wakil Kepala Departemen Ekonomi Eksternal dan Hubungan Internasional), Buenos Aires (Manajer Hubungan Internasional), Istanbul (Kepala Hubungan Luar Negeri Departemen IMM).

Juga 10 delegasi kota yang hadir secara virtual yaitu Amsterdam (Sherpa), Istanbul (Wali Kota), Izmir (Sherpa), Johannesburg (Sherpa), Lisboa (Wali Kota), Milan (Wali Kota), Moskow (Sherpa), Kota New York (Komisaris untuk Kebijakan & Inisiatif Strategis), Osaka (Sherpa) Roma (Wali Kota).

Sementara untuk kota pengamat (observer) akan dihadiri 15 delegasi yang hadir secara fisik yaitu Lima (Wakil Wali Kota), Quito (Dewan Kota Quito), Jawa Barat (Wali Kota), Banjarmasin (Wali Kota), Balikpapan (Wali Kota), Makassar (Wali Kota), Medan (Wali Kota), Padang (Wali Kota), Palembang (Wali Kota), Palu (Wali Kota), Surakarta (Wali Kota).

Ambon (Pj Wali Kota), Yogyakarta (Pj Wali Kota), Surabaya (Wakil Wali Kota), Jambi (Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif). Juga dua delegasi kota pengamat yang hadir secara virtual yaitu Glasgow (Pemimpin Dewan Kota) dan Skopje (Wali Kota).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4090 seconds (0.1#10.140)