Pengukuhan Anggota Paskibraka DKI Jakarta, Anies: Kibar Tinggikan Merah Putih di Mana pun Berada

Senin, 15 Agustus 2022 - 22:05 WIB
loading...
Pengukuhan Anggota Paskibraka DKI Jakarta, Anies: Kibar Tinggikan Merah Putih di Mana pun Berada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengukuhkan anggota Paskibraka Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Senin (15/8/2022). Foto: Dok Pemprov DKI Jakarta
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Senin (15/8/2022).

Mereka akan bertugas pada upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta pada Rabu 17 Agustus 2022 di Lapangan Silang Monas Plaza Selatan.

Dia menyampaikan selamat kepada para anggota dan orang tua anggota Paskibraka. “Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang hari ini dilantik menjadi Paskibraka DKI Jakarta. Saudara sudah melewati proses seleksi yang panjang sehingga terpilih dan dikukuhkan menjadi pengibar bendera,” ujar Anies.
Baca juga: Kepala BPIP Ingatkan Paskibraka Harus Jadi Contoh di Masyarakat

“Selamat juga kepada para orang tua yang telah mendidik, membesarkan, menyiapkan anak-anaknya sehingga siap diajukan ke depan mengambil tanggung jawab untuk mengibarkan Sang Merah Putih. Kepada para orang tua kami sampaikan terima kasih,” tambahnya.

Dia juga berpesan agar para anggota Paskibraka memaknai pengibaran bendera Merah Putih tidak sekadar seremonial saja melainkan dimaknai dengan kebanggaan dan rasa nasionalisme anggota Paskibraka di mana pun mereka berada serta di sektor apa pun mereka berkarya di masa depan.

“Sadari bahwa sesungguhnya tugas yang diemban bukan sekadar mengibarkan Sang Merah Putih. Tugas Anda semua adalah mengibartinggikan Sang Merah Putih sepanjang hayat di kandung badan. Anda bertugas di mana pun dan di bidang apa pun Anda nanti, maka ingat slayer merah, lambang garuda, dan Merah Putih yang menempel di dada Anda itu kibar tinggikan di tempat mana pun. Karena Anda memiliki masa depan lebih banyak dari masa lalu, Anda mendapat tugas mulia, ingat tugas ini untuk diemban sepanjang perjalanan ke depan,” ungkap Anies.

Kemerdekaan yang kita semua rasakan kini merupakan buah hasil dari perjuangan para pendahulu. Termasuk juga pengibaran Sang Merah Putih yang membutuhkan banyak sekali pengorbanan.

“Diperlukan perjuangan yang amat panjang tak terhitung jumlah nyawa, harta, tenaga, pikiran, yang dikorbankan. Hari ini Anda bertugas mengibarkan diperlukan 3-4 menit. Tetapi orang tua pendahulu kita para pejuang untuk mengibarkan Sang Merah Putih butuh tahunan, puluhan yang penuh dengan pengorbanan. Maka kerjakan tugas ini dengan penuh kesukarelawaan, pastikan niat tulus, ikhtiar tuntas, dan kerjakan sepenuh hati. Jadilah teladan bagi semua,” ujarnya.

Kepala Biro Pemerintahan Setda DKI Jakarta Andriansyah menambahkan Pemprov DKI bakal menggelar upacara HUT ke-77 RI di Plaza Selatan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)