Diversifikasi Usaha, BBWM Gandeng PT SMS Bangun PLTS di Kabupaten Bekasi

Selasa, 19 Juli 2022 - 22:28 WIB
loading...
Diversifikasi Usaha, BBWM Gandeng PT SMS Bangun PLTS di Kabupaten Bekasi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi meminta PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk melakukan diversifikasi usaha di bidang energi terbarukan. Foto: Istimewa
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi meminta PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk melakukan diversifikasi usaha di bidang energi terbarukan . Seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

“Kami apresiasi atas kinerja yang dilakukan untuk menciptakan energi terbarukan ini,” ujar Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Bekasi, Selasa (19/7/2022).

Dami mengatakan, PT BBWM merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bekasi yang bergerak di bidang Oil and Gas sudah pasti terimbas dengan adanya penurunan volume gas yang terkandung di perut bumi Bekasi.

“Bekasi, Sumber daya alam berbasis fosil merupakan sumber energi tidak terbarukan dengan kata lain pasti akan terjadi penurunan secara kuantitas dan pada akhirnya akan habis,” tuturnya.

Dirut PT BBWM Prananto Sukodjatmoko mengatakan, sejak 2017, skema kerja sama Pertamina EP dengan BBWM adalah Perjanjian Jual Beli Gas Terproses. Sesuai dengan Permen ESDM No. 6 tahun 2016 BBWM mendapatkan alokasi gas terproses sebesar 4 Juta Kaki Kubik per hari.

“Dengan pasokan sebesar itu, alhamdulillah BBWM masih bisa menyetorkan PAD dan juga bisa berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Bekasi melalui penyaluran dana Coorperate Social Responsibility (CSR),” katanya.

Prananto mengatakan, kerja sama dengan membuat nota kesepahaman ini sepakat untuk melaksanakan pengembangan potensi dan pemanfaatan energi terbarukan dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

”Pembangunan PLTS ini beserta infrastrukturnya di wilayah Kabupaten Bekasi, dengan adanya nota kerja sama ini diharapkan secepatnya akan segera terbangun,” kata Prananto

Menurut dia, PT Supraco Multi Saran (SMS) merupakan suatu perseroan terbatas yang bergerak pada bidang usaha industri pembangkit listrik tenaga energi terbarukan.

“Kerja sama ini bisa membuat energi terbarukan dan menjadi alternatif pendapatan daerah, selain migas,” ujarnya.

Meningkatkan kerja sama dengan pelaku usaha atau BUMD di bidang energi terbarukan untuk kegiatan Engineering, Procurement, Shipment, Construction, Installation, and Comissioning (EPSCIC) dan kegiatan Operation and Maintenance (O&M).

Prananto menjelaskan, untuk pengembangan potensi dan pemanfaatan energi terbarukan dan pembangunan PLTS di Kabupaten Bekasi dibutuhkan mengandeng perusahaan yang memang berkompeten di bidangnya, dan PT SMS sudah terbukti yang terbaik di Jawa Barat.

”Jadi kami ingin memaksimalkan pengembangan potensi dan pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi dan pembangunan PLTS di Bekasi. Jadi kami selaku BUMD bisa mengembangkan potensi dan pemanfaatan energi terbarukan,” jelasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)