Anies Pastikan Warga Jakarta Dapat Akses Air Bersih

Kamis, 30 Juni 2022 - 17:57 WIB
loading...
Anies Pastikan Warga Jakarta Dapat Akses Air Bersih
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan Hajatan 100 Hari Mengalir dan peletakan pipa pertama di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara, Kamis (30/6/2022). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan Hajatan 100 Hari Mengalir dan peletakan pipa pertama di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara, Kamis (30/6/2022).

Pihaknya memastikan akses air bersih untuk seluruh masyarakat Jakarta khususnya di Kamal Muara terus berlanjut. "Alhamdulillah di RW 01 Kelurahan Kamal Muara kita mensyukuri 100 hari pengaliran air minum di kawasan ini jadi kita ingin agar warga di Jakarta makin banyak yang bisa mendapatkan air dari pipa," ujar Anies.
Baca juga: Anies Pamer IPA Mookervart, Warganet: Pemerintah Investasi Air Bersih Bukan Miras

"Dengan cara seperti itu mereka tidak harus satu mengambil air dari dalam tanah dan yang kedua tidak harus membeli air dari distributor yang harganya mahal," sambungnya.

Dari hitungan yang dilakukan PAM Jaya, masyarakat dapat menghemat cukup signifikan. Jika sebelumnya dalam satu bulan harus belanja air mingguan atau harian yang total per bulan pengeluarannya bisa sampai Rp800 ribu hingga Rp1 juta.

Adanya jalur air pipa ini masyarakat hanya membayar Rp50 ribu sampai Rp70 ribu atau setinggi-tingginya Rp80 ribu tergantung konsumsinya. "Ini adalah penghematan yang luar biasa. Kalau tadi hitungan bisa menghemat 95 persen, artinya pendapatan masyarakat bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain, bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, dan kegiatan lain," ungkapnya.
Baca juga: Stadion GBK Prioritaskan Pelayanan Air Bersih Pengunjung dengan Air Perpipaan

Menurut Anies, kebutuhan air masyarakat disiapkan oleh negara, dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta melalui PAM Jaya yang menyalurkan pipa hingga ke ujung Jakarta. "Pesan saya gunakan untuk kebutuhan hidup dan kegiatan usaha. Dua ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, insyaallah ini menjadi keberkahan bagi masyarakat," ujarnya.

Diketahui, terdapat 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. Sementara, yang sudah disambung akses air perpipaan oleh PAM JAYA yakni RT 01-08. Saat ini juga terdapat sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM JAYA melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)