Politisi Gerindra Jagokan Kasetpres Heru Budi sebagai Pj Gubernur Pengganti Anies

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:48 WIB
loading...
Politisi Gerindra Jagokan Kasetpres Heru Budi sebagai Pj Gubernur Pengganti Anies
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Politisi Partai Gerindra M Taufik menjagokan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan . Masa jabatan Anies dari kursi DKI 1 akan berakhir pada Oktober 2022.

Taufik mengatakan, ada tiga kriteria yang harus dimiliki calon Pj Gubenur DKI Jakarta. Pertama, orang yang paham soal Jakarta, kedua mempunyai kedekatan dengan Presiden, dan ketiga memiliki komunikasi baik dengan legislatif.

"Dari tiga kriteria tadi Pak Heru paling masuk sebagai calon kuat Pj Gubenur DKI," kata Taufik saat dihubungi wartawan, Selasa (17/5/2022).

Taufik menilai sosok Heru memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, Heru juga pernah menjadi pejabat Pemprov DKI Jakarta. Pemahaman Heru soal DKI tidak diragukan.

"Heru itu dekat dengan Presiden Jokowi. Ketika menjabat di DKI, Heru memiliki komunikasi baik dengan legislatif dan itu saya rasakan. Dan keempat punya kompetensi, saya rasa tidak diragukan," ujarnya.

Taufik melanjutkan, adapun nama lain yakni, Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali, tidak memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Namun, Marullah dinilai memenuhi syarat sebagai pejabat Pemda.

"Sekarang kita lihat Marullah, syarat pertama dia pejabat pemda dari bawah, oke dia penuhi. Syarat kedua dia enggak penuhi (kedekatan dengan Presiden Jokowi). Syarat ketiga dia baru komunikasi dengan dewan setelah jadi Sekda. Sejauh ini baik, saya kira baik, semua pejabat pemda pasti baik," ucapnya.

Adapun, Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro, Taufik menilai, Juri memang memahami soal Jakarta dan memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Kendati demikian, sosok Juri dinilai tidak memiliki pengalaman soal DKI.

"Juri paham soal Jakarta tapi tidak punya pengalaman soal DKI, soal kedekatan Juri juga dekat tapi saya kira tidak sedekat Heru. Dari kriteria itu, saya melihat bahwa peluang besar itu Heru," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo pada September mendatang.

"Untuk 3 nama diajukan ke Pak Presiden. Sama yang nanti bulan Oktober (DKI Jakarta) sebulan sebelumnya lah September kita nanti akan sudah dapat nama kita ajukan ke Bapak Presiden," ungkap Tito.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)