Awas, Beredar Video Hoaks Sudutkan Anies di Acara Mudik Gratis DKI! Ini Faktanya

Kamis, 28 April 2022 - 14:52 WIB
loading...
Awas, Beredar Video Hoaks Sudutkan Anies di Acara Mudik Gratis DKI! Ini Faktanya
Beredar video berisi narasi hoaks yang menyudutkan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam acara mudik gratis Pemprov DKI. Mudik gratis diinisiasi DKI sebagai bentuk komitmen melayani warga Jakarta dalam menyambut Lebaran 2022.
A A A
JAKARTA - Video pelepasan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta dengan narasi yang menyudutkan Gubernur Anies Baswedan beredar luas. Masyarakat diminta tak terpancing hoaks tersebut.

Dalam video yang beredar di media sosial, pembuat menarasikan seolah-olah acara mudik gratis Pemprov DKI yang dilepas Gubernur Anies bermuatan kampanye Pilpres 2024. Ini lantaran ada peserta mudik menggunakan kaus bertulikan ‘Anies Presiden Indonesia’.

Baca Juga: Anies Berharap Momen Pulang Kampung Tak Diiringi Lonjakan Kasus Covid-19

Untuk menjustifikasi narasi menyesatkan ini (karena tidak terkonfirmasi), pembuat video bahkan mencuplik berita SINDOnews.com tentang acara pelepasan mudik gratis tersebut.

Fakta Sebenarnya
Pemprov DKI Jakarta menggelar mudik gratis bagi masyarakat di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022). Pemprov menyediakan 292 unit bus dengan 11.680 tiket mudik gratis bagi warga yang hendak pulang kampung.



Kegiatan ini sesungguhnya telah berlangsung dari tahun ke tahun. Namun karena pandemi, dua tahun terakhir mudik gratis tak digelar. Acara yang menjadi perwujudan komitmen pelayanan dan kepedulian Pemprov DKI terhadap masyarakat luas ini pun disambut antusias.

Masyarakat berbondong-bondong datang ke Termina Pulo Gebang. Beberapa di antara mereka, ada yang dengan inisiatif sendiri mengenakan kaos bertuliskan ‘Anies Presiden Indonesia’.

Awas, Beredar Video Hoaks Sudutkan Anies di Acara Mudik Gratis DKI! Ini Faktanya


Jumlah pemudik menggunakan kaos ini pun hanya sebagian kecil di antara ratusan pemudik yang datang di hari itu. Berdasarkan pantauan di lapangan, sebagian besar peserta mudik justru mengenakan pakaian harian biasa (tidak berseragam). Dengan kata lain tidak ada mobilisasi bagi peserta untuk mengenakan kaos tertentu.

Dalam kesempatan tersebut, Anies yang hadir langsung menyapa warga menuturkan, mudik Lebaran tahun ini merupakan kompensasi akibat dua tahun tidak mudik karena lonjakan kasus Covid-19. Karena itu dia berharap agar mudik tahun ini dapat terselenggara dengan aman dan nyaman.
Awas, Beredar Video Hoaks Sudutkan Anies di Acara Mudik Gratis DKI! Ini Faktanya

Narasi hoaks yang menyudutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pelepasan mudik gratis di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

"Jadi kita bersyukur sekali bahwa warga Jakarta tahun ini bisa kembali ke kampung bersilaturahmi mendatangi keluarga, orang tua dan merajut erat tali persaudaraan sekampung. Kami di Pemprov DKI Jakarta menginginkan agar kepulangan warga untuk mudik berlebaran bisa terlaksana dengan aman nyaman," ujarnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)