Kakak Beradik Saingan, Bupati Bogor Ade Yasin dan Rachmat Yasin Sama-sama Ditangkap KPK

Rabu, 27 April 2022 - 11:02 WIB
loading...
Kakak Beradik Saingan, Bupati Bogor Ade Yasin dan Rachmat Yasin Sama-sama Ditangkap KPK
Bupati Bogor Ade Yasin terjaring OTT KPK menyusul Rachmat Yasin yang terlebih dahulu pada 2014 ditangkap KPK. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantaan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bogor. Bupati Bogor Ade Yasin dan anggota BPK Perwakilan Jawa Barat dikabarkan terjaring dalam OTT pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) pagi tersebut.

Ade Yasin merupakan adik kandung dari Bupati Bogor sebelumnya yakni Rachmat Yasin yang terlebih dahulu terjaring OTT KPK pada 7 Mei 2014. Sebelumnya, Rachmat Yasin ditangkap penyidik di rumah pribadinya perumahan Yasmin Kota Bogor.

Sebelumnya, Tim KPK juga melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pihak swasta berinisial FXY atau Francis Xaverius Yohan dan MZ atau M Zairin kepala Dinas di Kabupaten Bogor pada salah satu restoran di Sentul Bogor.

Penangkapan ini diduga kuat terkait izin Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) di lokasi Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur). Pada OTT kali ini ditemukan uang milyaran rupiah yang diduga, uang ini akan diberikan kepada Yasin.

Selain mengamankan Rahmat Yasin, KPK menangkap kepala dinas di Kabupaten Bogor MZ atau M Zairin dan seorang pihak swasta berinisial FXY. Zairin dan FXY ditangkap di lokasi terpisah dengan Yasin.

Keduanya diringkus di sebuah restoran di Sentul, Bogor, tak jauh dari lokasi kantor tempat KPK menemukan uang miliaran rupiah tersebut.Tim KPK lalu membawa tersangka Francis Xaverius Yohan (FXY) dan M Zairin (MZ) sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan ke satu kantor dan ditemukan sejumlah uang milyaran rupiah pada saat digeledah.

Penangkapan Bupati Bogor Rachmat Yasin politisi partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini diduga kuat berkaitan dengan pengurusan izin Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) di lokasi Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur).

Untuk diketahui, AdeYasin yang memiliki nama lengkap Ade Munawaroh Yasin lahir di Bogor, Jawa Barat pada 29 Mei 1968. Perempuan berusia 52 tahun ini menjabat sebagai Bupati Bogor sejak 30 Desember 2018.

Sebelum menjadi Bupati Bogor,Ade Yasin menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PPP dari tahun 2014 hingga 2018. Ade merupakan adik kandung dari mantanBupati Bogor Rahmat Yasin.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)