Pastikan Transformasi Digital Merata, Anies: 14.700 Free WiFi Terpasang di Jakarta

Kamis, 24 Maret 2022 - 15:27 WIB
loading...
Pastikan Transformasi Digital Merata, Anies: 14.700 Free WiFi Terpasang di Jakarta
Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi pembicara dalam Webminar March Festival Road to Digital Innovation Awards 2022, yang diselenggarakan MNC Portal, Kamis (24/3/2022). Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan Pemprov DKI terus meratakan transformasi digital khususnya untuk masyarakat dari ekonomi tidak mampu untuk bisa mengakses jaringan internet. Salah satu upayanya yakni, Pemprov DKI menyediakan WiFi gratis di 14.700 titik.

Anies mengatakan, Pemprov DKI telah membangun infrastruktur digital berupa koneksi WiFi gratis untuk masyarakat di DKI Jakarta."Total ada kurang lebih 14.700 titik WiFi gratis di Jakarta," kata Anies dalam webinar March Festival Road to Digital Innovation Awards 2022 yang diselenggarakan MNC Portal pada Kamis (24/3/2022).

"Di Jakarta kita ini satu kota, satu kesatuan sinkronisasi dengan daerah-daerah jangan sampai membebani. Setiap daerah memiliki tantangan kompleks masing-masing, misalkan di Jawa Timur karena banyak kabupaten kota. Kalau di Jakarta satu kota dalam satu provinsi," lanjut Anies.

Anies menuturkan, setiap wilayah mempunyai coverage digital. Selama dua tahun lebih pandemi Covid-19, krisis kemarin adalah perubahan yang dipercepat. Krisis membuat masyarakat tidak boleh berinteraksi langsung, dan membuat sebagian pelaksanaan interaksi dilakukan secara online menggunakan transformasi digital.

"2020-2021 kita membangun 14.700 titik WiFi di seluruh Jakarta. Sehingga warga dapat mengakses WiFi secara gratis. Ini sebuah cara untuk menjangkau semua wilayah, sehingga dalam satu wilayah," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan, pihaknya akan terus meningkatkan infrastruktur digital untuk memastikan layanan dilakukan secara cepat dan baik dengan melibatkan partisipasi masyarakat maupun pihak terkait lainnya.

"Pemerintah melakukan peningkatan infrastruktur digital, dari sisi masyarakat ada kebutuhan tapi minim akses, sehingga ada jalan baru WiFi gratis. Tidak hanya DKI, tapi berbagai pihak yang hendak melaksanakan CSR, dan perusahaan yang hendak memberikan layanan WiFi kita fasilitasi dan sinkronkan," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)