Selamatkan Air Hujan, Pemprov DKI Telah Bangun 72 Ribu Titik Sumur Resapan

Rabu, 23 Maret 2022 - 03:38 WIB
loading...
Selamatkan Air Hujan, Pemprov DKI Telah Bangun 72 Ribu Titik Sumur Resapan
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal mengungkapkan perintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait menyelamatkan air hujan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal mengungkapkan perintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait menyelamatkan air hujan . Ia menyebut sebuah realisasi perintah Anies berbentuk drainase vertikal atau sumur resapan (sures) guna mengembalikan air ke tanah.

"Ini juga gimana kita melakukan sesuatu yang sudah menjadi pendekatan dunia bahwa air hujan berkah Allah kita selamatkan, kita amankan dan kita kelola. Salah satunya kita mengembalikan lagi air yang disedot itu kita kembalikan lagi, kita isi lagi cadangan air tanah itu melalui drainase-drainase vertikal," ujar Yusmada dalam sambutannya saat peringatan Hari Air Sedunia yang disiarkan di kanal YouTube PAM Jaya DKI Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Yusmada mengklaim sebanyak 72 ribu titik sures telah dibangun Pemprov DKI sejak tahun lalu. Adapun sures yang dibangun berbagai jenis mulai dari modular, sumur dangkal hingga buis beton.

"Alhamdulillah tahun lalu kita berhasil bangun 72 ribu titik sures, dua jenis ada buis buton dan sumur dangkal, sedang dan modular. Itu setara dengan 73 meter kubik," ujarnya.

Yusmada menilai pembangunan sures harus dilanjutkan. Sebab, jangan sampai saluran air dipenuhi air hingga muncul genangan.

"Ini harus dilanjutkan (sures). Ya paling efektif untuk memanfaatkan air hujan adalah menampung dari awalnya, dari atap-atap rumah itu disimpan air itu. Sehingga dia tak mengalir dan memenuhi saluran, membuat genangan sampai ke sungai dan membuat sungai meluap," paparnya.

Lebih lanjut, Yusmada membeberkan bahwa Anies akan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pengolahan air hujan. Menurutnya, melalui Pergub tersebut Pemprov DKI hendak mendorong masyarakat untuk memanfaatkan air hujan sebaik mungkin.

"Makanya akan muncul lah, mudah-mudahan Pergub pengolahan air hujan akan diterbitkan dalam rangka yuk sama-sama menyelamatkan berkah Allah berupa air hujan supaya bermanfaat bagi kehidupan semua. Itu yang harus kita dorong," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)