Tanahnya Dipilih Anies untuk IKN Nusantara, Ini Harapan Warga Kampung Akuarium

Selasa, 15 Maret 2022 - 09:39 WIB
loading...
Tanahnya Dipilih Anies untuk IKN Nusantara, Ini Harapan Warga Kampung Akuarium
Gubernur DKI Anies Baswedan memilih tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara untuk dibawa ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih tanah dari permukiman Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara untuk dibawa ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Mengetahui tanahnya terpilih untuk IKN Nusantara, Warga Kampung Akuarium mengaku kaget sekaligus senang. Ketua RT Kampung Akuarium, Topas Juanda mengatakan terpilihnya tanah mereka merupakan sebuah harapan besar.

”Sebelumnya kaget juga, Minggu (13/3/2022) malam ditelepon pihak protokol katanya mewakili DKI Jakarta, tanah untuk gubernur se-Indonesia ngambil tanahnya dari Kampung Akuarium,” kata Topas, Selasa (15/3/2022).


Dikatakan Topas, terkait dengan keputusan Anies memilih tanah dari Kampung Akuarium memiliki pesan atau makna tersendiri seperti kehidupan permukiman yang bangkit kembali setelah melalui kepedihan imbas penggusuran.

Untuk itu dengan diambilnya tanah dari Kampung Akuarium, warga berharap nantinya di IKN Nusantara tidak ada kata penggusuran dan pembangunan yang merugikan masyarakat ataupun tindakan yang semena-mena terhadap rakyat kecil.

”Semoga pembangunan di sana tidak memarjinalkan warga dan tidak menggusur yang ada di sana. Jadi bagaimana caranya, kami yang tergusur saja dibangun kembali,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengundang para gubernur dari 34 provinsi di Indonesia untuk berkunjung ke IKN Nusantara. Jokowi meminta para gubernur membawa tanah dan air dari provinsinya masing-masing.

Mendengar hal ini pada minggu pagi, emak-emak warga Kampung Akuarium mencangkul lahan di dekat gerbang masuk Kampung Susun Akuarium. Dari tanah yang dicangkul tersebut memenuhi dua wadah anyaman dan diserahkan kepada Anies.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)