Anies: Peran Alumni Penting dalam Kemajuan Kampus dan Dosen

Sabtu, 12 Maret 2022 - 18:42 WIB
loading...
Anies: Peran Alumni Penting dalam Kemajuan Kampus dan Dosen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan rapat kerja dan dialog nasional Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Kaumy) yang digelar secara virtual, Sabtu (12/3/2022).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, peran alumni dalam berinteraksi dengan kampus dan dosen sangatlah penting. Pasalnya, alumni dapat berbagi pengalaman dan berkontribusi terhadap kampusnya di tengah era disrupsi.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam sambutan rapat kerja dan dialog nasional Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Kaumy) yang digelar secara virtual, Sabtu (12/3/2022).

"Penting sekali bagi para alumni untuk berinteraksi langsung dengan pengelola universitas, untuk berbagi pengalaman dalam bentuk hikmah agar bisa dijadikan sebagai materi pembelajaran bagi kampus-kampus untuk para mahasiswa, untuk para dosen, bisa mengikuti perubahan yang terjadi di dunia luar kampus," kata Anies.

Dengan silaturahmi yang masih terjaga itu, lanjut Anies, alumni perguruan tinggi berada dalam kancah percaturan perubahan. Maka itu, jangan sampai pengalaman alami hanya sampai di diri mereka pribadi saja.

"Alumni perguruan tinggi berada di dalam kancah percaturan perubahan, penting sekali bagi para alumni untuk berinteraksi langsung dengan pengelola universitas untuk berbagi pengalaman dalam bentuk hikmah agar bisa dijadikan sebagai materi pembelajaran bagi kampus-kampus untuk para mahasiswa, dosen agar bisa mengikuti perubahan yang terjadi di dunia luar kampus," kata Anies.

Dia menuturkan, organisasi-organisasi alumni seperti Kaumy sebaiknya perlu didorong agar para mahasiswa dan dosen dapat memperbarui segala pengalaman tentang nonkampus dari para alumni.

Menurut dia, sebuah individu tidak berhasil tentang menghadapi perubahan bukan karena tidak dapat membaca perubahan itu sendiri. Baca: Jakarta PPKM Level 2, Anies Baswedan: Kapasitas Mal 75% dan Bioskop 70%

"Sering kali gagal atau berhasil, bukan soal mampu atau tidak mampu, tetapi soal membaca perubahan atau tidak membaca perubahan karena itu penting sekali membaca tren perubahan, bersiap untuk bisa tidak hanya memenangkan tapi juga melampaui perubahan itu," pesan Anies.

Anies melanjutkan, organisasi alumni menjadi salah satu pihak yang sangat mendominasi dalam ajang silaturahmi para alumni dengan kampus. Karena dengan begitu, berbagi pengalaman akan tetap terjaga.

"Organisasi alumni bisa menjadi jembatan. apa saja lesson learn yang harus dipahami yang harus dipelajari oleh yang berada di kampus," ucap Anies.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)