Wagub DKI Sentil Warga yang Masih Buang Sampah ke Sungai

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:48 WIB
loading...
Wagub DKI Sentil Warga yang Masih Buang Sampah ke Sungai
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza).Foto/Muhammad Refi Sandi/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyentil warga yang masih kurang peduli dengan membuang sampah ke sungai. Hal itu disampaikan saat sambutan acara penghijauan di Padepokan Ciliwung, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Kepedulian masyarakat sekitar terhadap sampah masih kurang. Masyarakat kita masih menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa. Ini yang perlu kita perbaiki," kata Ariza dalam sambutannya, Sabtu (12/3/2022).

Ariza pun membandingkan kondisi sungai di Jakarta dengan negara maju. Sebab, di negara maju sungai dijadikan beranda depan rumah harus bersih, rapi dan sebagainya. Namun, sebaliknya di Jakarta sungai di jadikan tempat bagian belakang

"Kalau di banyak negara maju sungai itu jadi beranda depan dia harus bersih, rapi, Indah, harus hijau airnya harus mengalir. Kita sebaliknya jadi tempat belakang rumah bukan bagian depan sehingga bagian belakang tempat yang jelek-jelek di belakang. Tidak hanya sampah tapi semua yang tidak baik dibuang ke sungai," ujarnya.

Ariza meminta agar masyarakat mengubah mindset seperti itu. Sudah saatnya masyarakat menjaga sungai termasuk sungai Ciliwung. Baca: Tanam Pohon di Ciliwung, Wagub DKI Klaim DAS Kian Membaik dan Asri

"Mindset ini yang harus kita ubah ke depan. Harus kita jaga sungai kita. Sungai kita semakin mengecil dari tahun ke tahun. Sehingga semakin mengecil sungai ini, daya Tampung air semakin berkurang, aliran sungai juga semakin berkurang. Sungai sumber kehidupan kita yang harus kita jaga," ucapnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1519 seconds (10.101#12.26)