Dukung Pemerintah Pusat, Anies Jajal Bus Listrik Transjakarta

Selasa, 08 Maret 2022 - 17:35 WIB
loading...
Dukung Pemerintah Pusat, Anies Jajal Bus Listrik Transjakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemani Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya menjajal bus listrik keliling Jakarta. Foto: MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal bus Listrik Transjakarta mulai dari Balai Kota keliling di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan kembali ke Plaza IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022) sore. Saat menjajal transportasi umum ini, Anies ditemani jajarannya.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi di bawah guyuran hujan Anies ditemani Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Direktur Utama PT TransJakartaMochammad Yana Aditya. Baca juga: Menhub Target Kendaraan Listrik Jadi Transportasi Massal

Bus Listrik Transjakarta melewati dari Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin berputar di Bundaran Hotel Indonesia mengarah ke Utara menuju arah Bundaran Patung Kuda Arjuna Wijaya menuju Jalan Medan Merdeka Barat.

Selanjutnya, Bus Transjakarta Listrik berputar di depan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengarah ke selatan kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan finish di Plaza IRTI Monas, Jakarta Pusat.



Sebelumnya, Anies mendukung program Pemerintah Pusat terkaitkendaraan listrikberbaterai dengan mencanangkan armadabus listrikdi Ibu Kota. Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam Forum Urban 20 atau U20 dengan tema 'Jakarta E-Mobility'.

“Implementasi armada bus listrik merupakan salah satu tindakan nyata kami untuk mendukung Program Percepatan Kendaraan Listrik Berbaterai Pemerintah Indonesia untuk Transportasi Jalan,” kata Anies dalam acara U20 Jakarta E-Mobililty secara virtual di YouTube Pemprov DKI Jakarta, Selasa 1Maret 2022.

“Dengan mengalihkan armada angkutan umum kami ke kendaraan listrik dan mendorong orang untuk menggunakan angkutan umum, kami berharap dapat mencapai peningkatan kualitas udara dan manfaat kesehatan yang lebih baik,” sambungnya.

Hal ini juga menurut dia akan memberikan manfaat yang baik bagi penggunaan teknologi. Baca juga: Perbaiki Transportasi, Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Dipercepat

“Pengenalan kendaraan listrik sebagai armada transportasi umum juga akan memungkinkan warga merasakan manfaat menggunakan teknologi baru. Sehingga, momentum pembaruan armada Transjakarta menjadi kendaraan listrik juga akan meningkatkan tingkat pelayanan transportasi umum,” imbuhnya.

Anies juga menjelaskan, terkait implikasi eletrifikasi armada Transjakarta ke depan untuk mempercepat visi dalam mewujudkan mobilitas bersih di Jakarta. Pemprov DKI juga berkomitmen mengalihkan armada Transjakarta ke bus listrik.

"Sebagai awalan akan dilakukan implementasi 100 bus listrik pada trayek Transjakarta eksisting untuk program percontohan," jelasnya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2359 seconds (11.210#12.26)