Begini Skenario Polisi Antisipasi Macet di Jalur Puncak Bogor

Kamis, 03 Maret 2022 - 11:12 WIB
loading...
Begini Skenario Polisi Antisipasi Macet di Jalur Puncak Bogor
Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Polres Bogor menyiapkan berbagai strategi guna mengantisipasi kemacetan di Jalur Puncak pada libur Hari Raya Nyepi hingga akhir pekan nanti. Mulai dari pemantauan arus, menambah personel dan penjagaan di keluar masuk jalur alternatif.

”Kami melakukan pemantauan dan pengaturan mengenai arus lalu lintas di Jalur Puncak. Kami sudah melakukan langkah-langkah antisipatif untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat melalui Jalur Puncak,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Kamis (3/3/2022).

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan kendaraan derek yang disebar di beberapa titik sepanjang Jalur Puncak. Hal tersebut guna mengantisipasi adanya kendaraan yang mogok di tengah jalan karena bisa menghambat arus lalu lintas seperti akhir pekan lalu.

”Tiga mobil derek ditempatkan di bawah, Gunung Mas, dan Taman Wisata Matahari,” tambahnya.


Terkait rekayasa lalu lintas, sampai saat ini pihaknya masih menerapkan ganjil genap bagi kendaraan menuju kawasan Puncak di Simpang Gadog. Tetapi, apabila nantinya terjadi kepadatan petugas akan memberlakukan sistem satu arah atau oneway.

”Ganjil genap masih kami lakukan terapkan. Dalam jam-jam tertentu ketika membutuhkan pengurasan volume kendaraan yang meningkat, maka oneway atau satu arah juga kami terapkan,” jelasnya.

Di samping itu, untuk kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak terpantau masih ramai lancar. Diprediksi tidak ada peningkatan volume kendaraan signifikan seperti libur panjang kemarin.

”Kami melihat dari statistik kendaraan yang masuk hari ini sekitar 28 ribu. Sementara long weekend sebelumnya, kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak di angka 80 ribu. ”Kondisi saat hanya seperempatnya,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)