Pembangunan JIS 96,97%, Jakpro Lakukan Pemasangan Atap Buka Tutup

Jum'at, 18 Februari 2022 - 19:19 WIB
loading...
Pembangunan JIS 96,97%, Jakpro Lakukan Pemasangan Atap Buka Tutup
Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara telah mencapai 96,97 persen dari rencana 95,67 persen.
A A A
JAKARTA - Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara telah mencapai 96,97 persen dari rencana 95,67 persen. Artinya terdapat deviasi positif sebesar 1,30 persen.

"Kini, JIS sedang mengerjakan pemasangan atap buka-tutup atau retractable roof, membran ETFE, sky view deck, perapian precast tribun, serta pemasangan kursi regular," ungkap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

Tak itu saja, lanjut Nadia, pihaknya juga tengah mengerjakan penyelesaian area concourse, penyelesaian jahitan pada segmen facade, hardscape, dan landscape di sebelah barat dan ramp timur, serta pekerjaan GWT (Ground Water Tank) dan MEP plant.

"Atap buka tutup atau retractable roof JIS mulai dipasang. Pemasangan atap buka tutup menjadi ikon Jakarta dan Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, atap buka tutup ini menjadikan JIS sebagai salah satu ikon unik satu-satunya di Jakarta, bahkan Indonesia yang menggunakan stadion atap buka tutup. Adanya atap ini memungkinkan stadion dapat digunakan pada saat hujan ataupun saat panas terik siang hari sehingga pertandingan, konser, konferensi, maupun kegiatan lainnya dapat terus berlangsung.

Sebagai informasi, JIS sudah digunakan sebagai tempat bincang Urban 20 atau U20 dengan tema 'Isu Perkotaan pada Presidensi G20 Indonesia'. Acara ini pun merupakan bagian dari rangkaian ditunjuknya Kota Jakarta sebagai tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin kota dunia dalam acara U20 Mayors Summit 2022, sebagai bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia.

Mengawali kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah U20 Mayor Summit 2022 kemarin menghadiri bincang U20 di JIS bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku U20 Co-Chair, CEO Sintesa Group Shinta Wijaya Kamdani selaku B20 Chair, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan (METI) Surya Dharma, dan dimoderatori oleh Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patty Djalal. Adapun isu yang dibahas yakni isu perekonomian, transformasi digital, hingga energi terbarukan di tengah pandemi Covid-19.

Nadia menuturkan ditunjuknya JIS sebagai venue pertemuan bergensi ini, sekaligus mengukuhkan bahwa JIS merupakan salah satu ikon baru Kota Jakarta. Selain itu, bangunan JIS sangat relevan dengan isu yang dibawa oleh U20.

"JIS dirancang sebagai salah satu bangunan mega struktur yang mengadopsi bangunan ramah lingkungan. Atas visi dan komitmen itu pula, JIS menjadi satu-satunya stadion di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum atau level tertinggi dalam penilaian bangunan hijau yang ramah lingkungan," tutup Nadia.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)