Pesan Sandiaga Uno di Webinar Entrepreneurship SMPN 115 Jakarta: Ciptakan Karya Kreatif

Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:55 WIB
loading...
Pesan Sandiaga Uno di Webinar Entrepreneurship SMPN 115 Jakarta: Ciptakan Karya Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri webinar bertajuk SMABELS Entrepreneurship dengan tema Creativity on Economy. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - SMPN 115 Jakarta menggelar webinar bertajuk SMABELS Entrepreneurship dengan tema Creativity on Economy. Kegiatan ini digelar OSIS dan Dewan Perwakilan Siswa (DPS) SMPN 115 Jakarta periode 2021-2022 Sandya Danadyaksa, Kamis (10/2/2022).

Hadir sebagai narasumber yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Dadang Solihin.
Baca juga: Bernilai Ekonomi Rp500 Miliar, Menparekraf Sandiaga Uno Minta Perkuat Prokes MotoGP Mandalika

Ketua OSIS SMPN 115 Jakarta Andi Salman menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Program Kerja OSIS-DPS SMPN 115 Jakarta untuk mengembangkan jiwa entrepreneurship sejak dini.

Dia berharap Sandiaga dan Dadang sebagai pakar ekonomi kreatif dapat memotivasi siswa-siswi SMPN 115 Jakarta dalam mengembangkan potensi yang tumbuh dalam diri mereka.

Acara dibuka Kepala SMP Negeri 115 Jakarta Sindung Ernawati. Dalam sambutannya, dia mengatakan selain membimbing siswa sukses secara akademik, juga harus sukses non-akademik.

"Kami terus mendorong dan mendukung kreativitas, menggali potensi untuk terus belajar mengembangkan berbagai potensi anak didik dengan harapan dapat memasuki era digital dengan semangat dan kemampuan yang unggul," ujar Sindung.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pandemi yang telah berlangsung dua tahun telah menimbulkan keprihatinan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, banyak pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan akibat menurunnya daya beli masyarakat. “Fenomena ini mendorong industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus optimistis, semangat, dan bangkit untuk melakukan transformasi akselerasi digital dengan terus beradaptasi di masa pandemi," ungkapnya.

Sandiaga menuturkan konsumen digital di masa pandemi meningkat hingga mencapai 21 juta pengguna. Potensi ini harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang memiliki jiwa entrepreneurship berbasis digital. "Siswa/siswi Smabel adalah generasi muda yang lahir dan besar di era digital. Generasi yang selalu terhubung oleh internet dan penuh kreativitas," ujarnya.

"Perkembangan digital terkini telah membuat kita pada era creator economy yaitu setiap orang adalah konten kreator. Kemenparekraf sangat mendukung potensi generasi muda untuk menciptakan berbagai karya kreatif seperti di SMPN 115 Jakarta," sambungnya.
Baca juga: Sandiaga: Kemenparekraf dan Gema Santri Nusa Siap Kolaborasi Pulihkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja

Dadang Solihin mengatakan, sektor kreatif adalah sumber pertumbuhan penting dalam ekonomi global dan perdagangan kreatif digital telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir, khususnya dalam konteks Covid-19.

"Media digital secara drastis mengurangi hambatan masuk untuk karya kreatif. Siapa pun dapat memulai situs dan berbagai video atau media lain dengan relatif mudah. Siswa/siswi SMPN 115 Jakarta ayo memanfaatkan peluang ini, mengasah kemampuan untuk terus berkarya," katanya.

Webinar ini dihadiri seluruh guru, staf, siswa/siswi, dan alumni SMPN 115 Jakarta sebanyak 1.000 peserta. Pada 11 Februari hingga 8 Maret 2022 mendatang, SMPN 115 Jakarta akan menggelar lomba kreativitas siswa dan siswi untuk membuat karya produk kreatif yang bernilai ekonomi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)