Covid-19 Melonjak, Anies: BOR 60%, Setengah dari Puncak Serangan Delta

Rabu, 09 Februari 2022 - 08:52 WIB
loading...
Covid-19 Melonjak, Anies: BOR 60%, Setengah dari Puncak Serangan Delta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien Covid-19 di Jakarta mencapai kisaran 60%. Meski demikian, angka tersebut masih setengah dari puncak kasus gelombang kedua pada Juli 2021 lalu.

"Saat ini tingkat keterisian rumah sakit ada pada kisaran 60% yang kapasitas untuk perawatan pasien Covid-19, masih setengah dibandingkan dengan kapasitas pada saat puncak gelombang kedua tahun lalu. Jadi kalau sekarang 60% dari kapasitas separuh saat gelombang kedua artinya memang masih amat kecil," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun Instagram @aniesbaswedan dikutip MPI, Rabu (9/2/2022).

Sebagai langkah antisipasi, Anies memerintahkan jajaran Pemprov DKI untuk terus meningkatkan kapasitas tempat tidur dan kapasitas ICU. "Kita terus meningkatkan kapasitas tempat tidur, kapasitas ICU di rumah sakit yang merawat pasien Covid-19," ujarnya.

Mantan Mendikbud itu mengatakan dengan meningkatkan kapasitas dapat menekan persentase. Kendati demikian harus tetap berhati-hati terhadap potensi gelombang ketiga akan melebihi gelombang kedua.

"Ke depannya tentu kita akan meningkatkan kapasitas itu. Bila kapasitas meningkat, persentasenya akan mengecil. Tapi kita tetap harus hati-hati," tuturnya. Sebelumnya, Anies menyebut angka kasus aktif Covid-19 per 7 Februari 2022 mencapai 74.000 kasus. Namun, tren angka kematian tidak seperti gelombang kedua atau varian Delta pada Juli 2021 lalu.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3331 seconds (0.1#10.140)