Profil Kombes Zain Dwi, Mantan Sespri Kapolri yang Kini Kapolresta Tangerang

Jum'at, 14 Januari 2022 - 08:07 WIB
loading...
A A A
Pada Agustus 2014, Kombes Zain Dwi Nugroho mendapat tugas pertama sebagai Kapolres di Magelang. Di Magelang Zaien dua kali didapuk sebagai Kapolres, Yakni Kapolres Kota Magelang dan Kapolres Kabupaten Magelang.

Dari Magelang, Kombes Zain Dwi Nugroho mendapat kenaikan posisi menjadi Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Tengah. Empat tahun berkarier di Jawa Tengah, Kombes Zain Dwi Nugroho dipanggil untuk mengikuti seleksi sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada tahun 2018.

Tak lama menjadi Sespri Kapolri, tepatnya pada November 2018 Kombes Zain Dwi Nugroho ditugaskan menjadi Kapolres Sidoarjo. Dua tahun kemudian, ia mendapat tugas baru ke Polda Riau sebagai Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum).

Pergantian pucuk pimpinan Polri ke Jenderal Idham Aziz, membuat Kombes Zain Dwi Nugroho kembali ditarik ke Jakarta. Sejak 2021 ia bertugas di Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Umum Badan Reserse dan Kriminal Polri sebelum akhirnya dipercayakan memimpin Polresta Tangerang saat ini.

Pria yang lahir di Demak ini diketahui berasal dari keluarga sederhana. Kombes Zain merupakan buah hati dari pasangan seorang guru SMP dan bidan desa.
Lulus pendidikan SMA pada tahun 1994, Zain Dwi mencoba mendaftar masuk Polri. Memiliki fisik dan nilai akademis yang bagus, ia pun dinyatakan lolos pada pendaftaran pertama.

Pada tahun 1997 ia menyelesaikan pendidikan Akpol dan langsung ditugaskan di Bali pada bagian reserse kriminal (reskrim). Dari Pulau Dewata, Zain Dwi dipindah tugaskan ke Polda Metro Jaya.

Berikut perjalanan karier Kombes Zain Dwi di kepolisian:
-Kapolsek Pamulang
-Danki Taruna Akpol (2006)
-Kapolsek Metro Tamansari (2010)
-Kanit IV/Satindag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2010)
-Kapolres Magelang Kota Polda Jateng (2014)
-Kapolres Magelang Polda Jateng
-Wadirkrimum Polda Jateng
-Sekpri Kapolri (2018)
-Kapolresta Sidoarjo Polda Jatim (2018)
-Direskrimum Polda Riau (2020)
-Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Umum Bareskrim Polri (2021)
-Kapolresta Tangerang Polda Banten (2022)
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)