Ini 3 Tempat Favorit Para Pendemo di Jakarta

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:47 WIB
loading...
Ini 3 Tempat Favorit Para Pendemo di Jakarta
Sejumlah mahasiswi berparas cantik ikut serta dalam aksi unjuk rasa di kawasan Jalan Gatot Subroto dekat Gedung DPR RI, Jakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Demonstrasi di Jakarta sering dilakukan di tempat yang sama, seperti Gedung DPR/MPR, Gedung KPK, dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Tak jarang, unjuk rasa yang dilakukan di tempat itu berakhir ricuh.

Berikut 3 lokasi yang sering dijadikan tempat demo.

1. Senayan (Gedung DPR/MPR)

Menjadi lokasi berkantornya para wakil rakyat, gedung DPR/MPR yang berada di Senayan, Jakarta Selatan. Gedung ini sering sekali dijadikan lokasi unjuk rasa masyarakat.



Salah satu yang terbesar adalah demonstrasi ribuan mahasiswa pada Agustus 2021. Melansir Okezone, demo itu dilakukan untuk menolak RUU (Rancangan Undang-Undang) Cipta Kerja yang masuk ke dalam omnibus law yang dirasa tidak berpihak kepada buruh.

2. Kuningan (Gedung KPK)

Lokasi selanjutnya adalah gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang ada di Kuningan, Jakarta Selatan. Aksi demo di KPK pernah berakhir ricuh pada 2019.

Kala itu, massa pendemo dari Himpunan Aktivis Indonesia dan Aliansi Pemuda dan Mahasiswa yang dikabarkan menyusup ke KPK. Mereka lalu membentangkan kain hitam yang menutup tulisan KPK. Bentrok dengan polisi pun terjadi, dengan adanya aksi pelemparan batu.

Demo lainnya yang baru saja terjadi di tahun 2021 ini dilakukan oleh mahasiswa. Mengutip Sindonews, para mahasiswa memprotes karena ultimatumnya tidak digubris. Adapun ultimatum yang dimaksud adalah terkait nasib pegawai KPK yang diberhentikan akibat TWK (Tes Wawasan Kebangsaan).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)