Antisipasi Banjir Jakarta, Rumah Pompa Zaman Soeharto Dioptimalkan

Jum'at, 26 November 2021 - 11:09 WIB
Antisipasi Banjir Jakarta, Rumah Pompa Zaman Soeharto Dioptimalkan
Pemprov DKI Jakarta mengoptimalkan rumah pompa Cideng di Jakarta Pusat untuk mengantisipasi banjir. Foto: IG @dinas_sda
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) terus mengoptimalkan Rumah Pompa Cideng, Gambir, Jakarta Pusat dan Rumah Pompa lainnya sebagai bentuk antisipasi banjir.

”Memasuki musim penghujan, pompa merupakan bagian terpenting dalam pengendalian banjir DKI Jakarta,” tulis akun Instagram @dinas_sda dikutip, Jumat (26/11/2021). Baca juga: Cek Rumah Pompa Kedoya Jakarta Barat, Anies Diminta Gas Pol Jangan Kasih Kendor

Salah satu sistem pengendalian air yang cukup penting di Jakarta adalah Rumah Pompa Cideng, di Jalan Siantar, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Sudah dibangun sejak 1988, Rumah Pompa Cideng merupakan rumah pompa terbesar se-Asia Tenggara d imasanya.

Rumah Pompa yang diresmikan Presiden Soeharto pada 30 November 1989 itu memiliki 10 unit pompa dan lain sebagainya. Saat ini terdapat 10 unit pompa dengan 6 tipe axial dan 4 tipe submersible. Jumlah operator sebanyak 24 personil.



Kondisi 10 unit pompa berfungsi dengan baik. Dinas SDA akan terus memaksimalkan kesiapan pompa di seluruh rumah pompa DKI Jakarta. Sehingga diharapkan saat musim hujan nanti tidak ada masalah dalam pengoperasiannya dan berfungsi baik menetralisir air genangan banjir.
(ams)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2648 seconds (11.252#12.26)