Sodetan Kali Ciliwung Pindah ke RW 05 Bidara Cina karena Masalah Lahan

Selasa, 02 November 2021 - 20:02 WIB
loading...
Sodetan Kali Ciliwung Pindah ke RW 05 Bidara Cina karena Masalah Lahan
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal meninjau banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Senin (1/11/2021) malam. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Lokasi proyek sodetan Kali Ciliwung yang semula di RW 04 dipindahkan ke RW 05 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Sebelum dipindahkan, proyek sodetan sempat terhenti.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, pemindahan itu dilakukan lantaran terkendala masalah lahan. "Ada persoalan lahan sehingga Kementerian PUPR memindahkan lokasi agar tidak terkendala persoalan lahannya," ujar Yusmada saat meninjau banjir di Cipinang Melayu, Senin (1/11/2021).
Baca juga: Air Ciliwung Meluap, Sejumlah Rumah di Rawajati Terendam Banjir

Dia tak dapat menjelaskan secara rinci mengenai pemindahan lokasi sodetan Kali Ciliwung, apakah karena warga RW 04 Kelurahan Bidara Cina menolaknya.

Menurut dia, sejak tahap pembebasan tanah hingga pengerjaan sepenuhnya menggunakan APBN. Kini pengerjaan sudah dimulai. "Sudah dalam pelaksanaan oleh Kementerian PUPR. Pengerjaan menggunakan APBN," katanya.
Baca juga: Dapat Bibit Pohon dari CSR Bank MNC, Komunitas Ciliwung-Condet Optimistis Lestarikan Lingkungan

Proyek sodetan Kali Ciliwung di Bidara Cina bertujuan menyelesaikan masalah banjir dari luapan Kali Ciliwung yang hingga kini masih berlangsung. Melalui sodetan, debit air di aliran Kali Ciliwung dapat dialihkan ke Kanal Banjir Timur (KBT), Kecamatan Duren Sawit sehingga air Kali Ciliwung tidak meluap ke permukiman warga. "Istilahnya air dibagi. Ketika Ciliwung siaga satu airnya bisa dibagi ke KBT. Kalau KBT memungkinkan untuk menampung," ujar Yusmada.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)