Maksimalkan Germor untuk Ciliwung Bersih, DPC PDI Perjuangan Jaksel Gandeng Masyarakat

Minggu, 03 Oktober 2021 - 20:36 WIB
loading...
Maksimalkan Germor untuk Ciliwung Bersih, DPC PDI Perjuangan Jaksel Gandeng Masyarakat
DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan sambut antusias pemberian gerobak motor (germor) atau mini dump truck dari DPP PDI Perjuangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan sambut antusias pemberian gerobak motor (germor) atau mini dump truck dari DPP PDI Perjuangan. Untuk memaksimalkan germor tersebut, masyarakat daerah aliran sungai diajak berkolaborasi.

Ketua DPC PDI Perjuangan DKI Jakarta Selatan, Yuke Yurike mengatakan, pemberian germor oleh DPP PDI Perjuangan dikhususukan untuk membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan sekitaranya. Untuk itu, setiap DPC yang wilayahnya dilintasi DAS Ciliwung mendapatkan germor, mulai dari Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Timur hingga Jakarta Utara.

Untuk Jakarta Selatan, lanjut Yuke, ada dua wilayah yang mendapatkan germor, yaitu di Pejaten Timur Jalan Gunuk II dan di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus. Pemberian germor sekaligus membersihkan daerah bantaran sungai dilaksanakan Minggu (3/10/2021). Dilakukan juga penanaman dan merawat tanaman yang sebelumnya telah dilakukan serentak di DAS Cilwung beberapa waktu lalu.

"Germor kita berikan kepada satgas Ciliwung yang kita bentuk saat pembersihan sungai Ciliwung bebebrapa waktu lalu. Mereka satgas yang memang kader akan berkolaborasi dengan masyarakat maksimalkan germor untuk kebersihan lingkungan sungai," kata Yuke di kawasan Hutan Kota Sangga Buana. (Baca juga; Ketua DPD RI Dorong Inovasi Masker Ramah Lingkungan )

Anggota DPRD DKI Jakarta itu menjelaskan, Hutan Kota Sanggah Buana di kawasan Lebak Bulus memang bukan dilintasi sungai Ciliwung, tetapi sungai pesanggahan. Namun, disitu merupakan tempat Komunitas Sangga Buana yang dibina Chareuddin alias Babe Idin. Babe Idin dikenal sebagai sosok pemerhati lingkungan yang mampu menggerakan kaum milenial menjaga lingkungan kali dan pernah mendapatkan piagam Kalpataru.

"Babeh Idin ini membersihkan sungai dari Ciliwung hingga Pesanggrahan. Jadi kita berikan beliau satu germor untuk bisa terus mengajak masyarakat bekerja sama menjaga lingkungan sungai," pungkasnya. (Baca juga; Mahasiswa UGM Gagas Detergen Ramah Lingkungan )

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga didampingi para kader PDIP, seperti Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono beserta anggota DPRD yang juga perwakilan DPD PDI Perjuangan, Panji Virgianto. Termasuk Kadis Taman dan Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati beserta camat dan luar setempat. Sementara di kawasan Pejaten Timur juga dihadiri Profesor Hamka Haq.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mewakili Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati sebenarnya ingin sekali hadir langsung menyerahkan bantuan germor itu. Namun situasi pandemi membuatnya terhalang untuk datang langsung.

“Tapi Ibu Megawati tetap menitipkan salam. Saya ditugaskan Bu Mega dan Pak Sekjen untuk menyerahkan kendaraan operasional menjaga lingkungan di sekitar ini maupun yang dikelola Babe Idin dan kawan-kawan di wilayah lain,” kata Eriko.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)