Beda Gaya Ahok dan Anies ketika Dipanggil KPK

Selasa, 21 September 2021 - 12:50 WIB
loading...
Beda Gaya Ahok dan Anies ketika Dipanggil KPK
Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sama-sama pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Keduanya menampilkan gaya dan penampilan yang berbeda.

Pada tahun 2016, Ahok diperiksa terkait dugaan kasus pengadaan lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Pemeriksaan berlangsung selama 12 jam. Pertanyaan yang diajukan penyidik KPK seputar dugaan kerugian negara sebesar Rp191 miliar akibat pembelian lahan RS Sumber Waras.
Baca juga: Ahok Punya Anak Lagi, Puput Lahirkan Putri Kedua

Saat pemanggilan di kantor KPK, Ahok mengenakan batik cokelat dan celana hitam. Dia tampak rileks dengan menebar senyuman khas. Dia mengapresiasi atas pemanggilan KPK agar dirinya tak melulu dijadikan kambing hitam. "Makanya saya terima kasih sama KPK. Saya terima kasih bapak-ibu panggil saya. Kalau enggak dipanggil saya, jadi liar di luar seolah-olah saya bersalah," ujar Ahok saat itu.

KPK mulai menyelidiki kasus ini pada 20 Agustus 2015. Kasus tersebut pertama kali mencuat dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jakarta atas laporan keuangan Pemprov DKI pada 2014 yang menyatakan ada kerugian negara atas pembelian lahan RS Sumber Waras.
Beda Gaya Ahok dan Anies ketika Dipanggil KPK

Ahok diperiksa KPK terkait dugaan kasus pengadaan lahan Rumah Sakit Sumber Waras pada 2016. Foto: Dok SINDOnews

BPK Jakarta menganggap prosedur pembelian sebagian lahan RS Sumber Waras dapat menimbulkan kerugian. Pasalnya, saat itu harga nilai jual obyek pajak (NJOP) di daerah tersebut masih memakai NJOP lama. Namun, Pemprov DKI membeli dengan NJOP yang baru dikeluarkan setelah pembelian dilakukan.

Namun, menurut Ahok, tudingan pembelian RS Sumber Waras merugikan negara tidak beralasan. Apabila kerugian negara diakibatkan NJOP, Ahok mengatakan, kewenangan NJOP bukan berada di tangannya. Untuk penentuan zona ada di Kementerian Dalam Negeri sementara untuk harga ditentukan oleh staf ahli. "Bukan kami lho. Bukan kami panggil, eh tolong ya yang merah sekian. Itu ada hitung-hitungannya," kata Ahok.

Sementara, Anies baru saja diperiksa KPK hari ini, Selasa (21/9/2021) terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur pada 2019.
Baca juga: Anies Penuhi Panggilan KPK, Berharap Keterangannya Dapat Tuntaskan Kasus Korupsi Munjul

Anies diantar dengan menggunakan mobil berwarna hitam. Dia datang ke KPK menggunakan seragam dinasnya dengan buku dipegang di tangan. Penampilan Anies ini persis saat dia dipanggil penyidik Polda Metro Jaya terkait kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan, Jakarta Pusat. Bahkan, masker bergambar Ondel-Ondel yang dipakai sama persis ketika Anies mendatangi Polda Metro Jaya.
Beda Gaya Ahok dan Anies ketika Dipanggil KPK

Anies diperiksa KPK hari ini, Selasa (21/9/2021) terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur pada 2019. Foto: Antara

"Pada pagi hari ini saya memenuhi undangan untuk memberikan keterangan sebagai warga negara yang ingin ikut serta di dalam memastikan tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik," ujar Anies di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Dia berharap keterangannya dapat membantu menyelesaikan perkara terkait dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur tahun 2019.

"Saya berharap keterangan yang saya berikan bisa membantu tugas KPK di dalam menuntaskan persoalan korupsi yang sedang diproses. Jadi saya akan menyampaikan semua yang dibutuhkan. Semoga itu bermanfaat bagi KPK," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)