Mengenang Tragedi Kebakaran Dahsyat di Jakarta Tahun 1873 dan Lahirnya Pasukan Satria Biru

Minggu, 12 September 2021 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Sejarah terbentuknya Dinas Damkar di Indonesia juga tidak lepas dari andil sekelompok masyarakat Betawi. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan berupa Prasasti Tanda Peringatan Brandweer Batavia 1919-1929. Tanda penghargaan tersebut diberikan pada tanggal 1 Maret 1929. Hal ini sebagai wujud rasa terima kasih masyarakat Betawi atas darma bakti para petugas pemadam kebakaran. Tanda prasasti tersebut sampai sekarang masih tersimpan baik di kantor Dinas Pemadam Kebakaran.

Mengenang Tragedi Kebakaran Dahsyat di Jakarta Tahun 1873 dan Lahirnya Pasukan Satria Biru


Berikut salinan tulisan selengkapnya prasasti tersebut:

Dari bunyi prasasti diatas, terutama pada pencantuman angka 1919-1929 dan menunjuk pada paragraf kedua, pada baris pertama dan kedua dianggap sebagai bukti otentik. Maka pada tanggal 1 maret 1919 ditetapkan sebagai tahun berdirinya organisasi Pemadam Kebakaran DKI Jakarta.

Dalam buku "DARI BRANDWEER BATAVIA KE DINAS KEBAKARAN DKI JAKARTA", disebutkan bahwa pada tahun 1919 Walikota Batavia waktu itu mulai mereorganisir kegiatan pemadam kebakaran, yang ditandai dengan didirikannya kantor Brandweer Batavia di daerah Gambir.

Perubahan berikutnya terjadi pada tanggal 31 juli 1922 melalui ketentuan yang disebut "Bataviasch Brandweer Reglement", dan kemudian diikuti perubahan berikutnya, yakni setelah masa pemerintahan Jepang. Perubahan itu tercatat pada tanggal 20 April 1943 melalui ketentuan yang dikenal dengan "Osamu seirei No.II" tentang "Syoobootai" (pemadam kebakaran).

Dalam sejarahnya, salah satu markas pusat petugas damkar berada di Jalan Kiai Haji Zainul Arifin Nomor 71, sekarang Jalan Ketapang, Jakarta Pusat. Petugas damkar juga pernah berkantor di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di Jakarta Timur, markas petugas damkar berada di Jalan Matraman Raya.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)