Anies Bagikan Keceriaan Anak-anak Kampung Akurium, Begini Potretnya

Kamis, 19 Agustus 2021 - 10:04 WIB
loading...
Anies Bagikan Keceriaan Anak-anak Kampung Akurium, Begini Potretnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membagikan potret Kampung Susun Akuarium dalam akun media sosialnya, Kamis (19/8/2021). Foto: Dok Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membagikan potret Kampung Susun Akuarium dalam akun media sosialnya, Kamis (19/8/2021). Selama tiga hari belakangan ini, Anies kerap mengunggah bangunan lima lantai yang dibangun di bawah kepemimpinannya dalam laman media sosialnya.

Pada 17 Agustus dalam peringatan HUT RI ke 76, Anies mengunggah kegiatanya dalam peresmian Kampung Susun Akuarium yang diklaim sebagai wujud sila kelima Pancasila.



Kemudian, pada 18 Agustus kemarin, Anies memamerkan sejumlah fasilitas yang ada di kawasan Kampung Susun. Hari ini, Kamis (19/8/2021), dia menceritakan bagaimana wajah anak Kampung Susun sebagai pemilik masa depan.

Anies Bagikan Keceriaan Anak-anak Kampung Akurium, Begini Potretnya


"Inilah wajah anak-anak pemilik masa depan," tulis keterangan Anies dengan beragam unggahan foto keceriaan anak Kampung Susun Akuarium.

Anies menceritakan, selama lima tahun masa kecil anak-anak ini merasakan tumbuh besar di rumah sempit yang kemudian dihancurkan sehingga harus tinggal di tenda sementara. Lalu beberapa tahun terakhir mengalami tinggal di rumah shelter sementara.

Memori kelam itu kelak akan berganti ketika mereka mulai menempati rumah barunya yang layak di Kampung Susun Akuarium, bersama keluarganya.

"Pada setiap wajah anak-anak ini tercermin perjuangan dan amanat penderitaan masyarakat di Kampung Akuarium. Pemprov DKI Jakarta ingin memastikan masa depan anak-anak ini berubah lebih baik," paparnya.

Anies Bagikan Keceriaan Anak-anak Kampung Akurium, Begini Potretnya


Mereka, lanjut Anies, harus bersekolah dengan baik, sehingga nanti bisa memiliki masa depan yang jauh lebih tinggi daripada mimpi yang mereka miliki sekarang. Sehingga anak-anak tersebut nantinya bisa menopang masa tua orangtua mereka. Orang tuanya akan bahagia, ditopang oleh anak-anak yang terdidik.



"Kepada ibu/bapak warga Kampung Akuarium, pastikan anak-anak ini terdidik dengan baik dan tuntas. Tinggikan mimpi mereka. Katakan kepada mereka, agar bermimpi setinggi-tingginya. Lalu lampaui mimpi itu. Karena sesungguhnya bangunan baru Kampung Susun Akuarium bukan sekadar bangunan bagi ibu/bapaknya saja, ini adalah bangunan untuk anak-anak agar memiliki masa depan lebih baik. Mereka lah pemilik masa depan di tempat ini," jelasnya.

Berdasarkan catatan, Kampung Akuarium mulai mencuat ketika mantan Gunernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menggusurnya pada April 2016. Rencananya, Ahok akan membangun kawasan itu menjadi tempat wisata bahari dan religi di sekitar Masjid Luar Batang.

Penggusuran itu dilakukan di tiga lokasi di kawasan Luar Batang, yakni Kampung Akuarium, Pasar Ikan, dan sekitar Museum Bahari. Dalam konstalasi Pilkada DKI 2017, Kampung Akurium menjadi salah satu tempat Anies berkampanye dengan langsung menyambangi dan mendengarkan keluhan kesah warga.

Anies Bagikan Keceriaan Anak-anak Kampung Akurium, Begini Potretnya


Kondisi saat itu, banyak warga yang memilih tinggal di tenda bekas penggusuran. Anies lalu berjanji untuk kembali menghadirkan keadilan di Jakarta, termasuk menghadirkan keadilan bagi warga Kampung Akuarium apabila diamanahkan menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Terpilih menjadi Gubernur bersama wakilnya Sandiaga Uno, Anies langsung menjadikan penataan Kampung Akuarium sebagai percontohan penataan Kampung kumuh. Berbagai pro kontra pun terjadi, mulai dari lahan negara hingga masuk dalam kawasan cagar budaya. Namun, hal itu tidak menyurutkan niat Gubernur Anies dalam menata Kampung Akuarium.

Proses perencanaan pun dimulai sejak 2017 untuk mengatasi berbagai masalah itu dan baru dibangun pada 17 Agustus 2020. Gubernur Anies menjelaskan, proses perencaan yang memakan waktu lumayan panjang karena melibatkan berbagai pihak dan menyerap berbagai aspirasi dari warga. Sehingga nantinya Kampung Susun ini diharapkan akan memenuhi ekspektasi Warga Kampung Akuarium saat mereka sudah tinggal di dalamnya.

Dalam waktu yang bersamaan, Anies juga menata Masjid Luar Batang dengan konsep wisata religi. Masjid Luar Batang terakhir direnovasi pada 2008, era Gubernur Fauzi Bowo.

Tahun ini, di bawah kepemimpinan Anies revitalisasi dilakukan kembali. Tidak hanya masjidnya tapi juga kawasan Luar Batang secara keseluruhan. Revitalisasi tahap pertama (interior masjid) hampir tuntas dan sekarang memasuki tahap kedua, pemasangan kanopi.

"Ke depan Kampung Luar Batang akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya religi di pesisir Jakarta. Bersama-sama dengan Kampung Akuarium Semoga semua berjalan lancar dan kawasan ini bisa makin menarik, makin tumbuh berkembang sebagai salah satu tujuan ziarah yang nyaman dan mengesankan," ungkap Anies pada Maret 2021 lalu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)