Sentilan PDIP untuk Anies dan Riza Patria Soal Vaksinasi Capai Target 7,5 Juta Jiwa

Senin, 02 Agustus 2021 - 11:24 WIB
loading...
Sentilan PDIP untuk Anies dan Riza Patria Soal Vaksinasi Capai Target 7,5 Juta Jiwa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - PDIP menyentil pencapaian target vaksinasi Covid-19 sebanyak 7,5 juta jiwa yang diklaim oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria.

Menurut anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak, pernyataan Wagub DKI yang menyebutkan DKI mencapai target vaksinasi 7,5 juta jiwa adalah mengaburkan persoalan dan tidak menyentuh.
Baca juga: Jangkau Lokasi Masyarakat, Anies: 900 Gerakan Vaksinasi Merdeka Disiapkan

"Beberapa kecamatan mempunyai pencapaian di bawah 40% (Cakung, Ciracas, Duren Sawit, dan Jagakarsa), dan di bawah 50% (Cengkareng, Cilincing, Kalideres, Kebayoran Lama, Kramat Jati, Pasar Minggu, Pulogadung, dan Tambora). Bisa dicek di https://corona.jakarta.go.id/id/cakupan-vaksinasi," ujar Gilbert, Senin (2/8/2021).

Dia menegaskan klaim DKI soal vaksinasi yang sudah mencapai 7,5 juta jiwa membuat kabur persoalan dan tidak menyentuh. "Wabah selalu dimulai dari 1-2 kasus (index case) lalu menyebar. Karena itu pendekatan skala mikro tingkat RT yang perlu bukan skala provinsi seperti ucapan Wagub. Akan lebih baik bila Gubernur menyampaikan berapa RT yang sudah mencapai target," katanya.

Gilbert juga mengingatkan agar Anies dan Riza Patria dapat mengantisipasi penularan varian baru Covid-19. "Ke depan varian Kappa yang baru sangat penting diantisipasi, karena sudah ada di Jakarta dan Jakarta selalu pusat masalah (episentrum) di samping menilai dampak liburan Idu Adha," tuturnya.
Baca juga: Anies Ingin Bukti Vaksinasi untuk Aktivitas di DKI, DPR: Bukan Ide Baru

Sebelumnya, Pemprov DKI berhasil mencapai target vaksinasi lebih cepat satu bulan dengan lebih dari 7,5 juta orang sudah divaksin per tanggal 31 Juli 2021.

Anies mengatakan, pencapaian keberhasilan target yang lebih cepat satu bulan dari tenggat waktu ini merupakan hal baik yang harus diapresiasi karena melibatkan tidak hanya Pemprov DKI, tapi juga masyarakat dan semua pihak. “Lebih dari 7,5 juta vaksin dosis pertama dan 2,5 juta vaksin dosis kedua telah diberikan di Jakarta. Saya ingin sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan vaksinasi ini,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Tak hanya Anies, Riza Patria juga memaparkan perkembangan vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota. "Alhamdulillah program vaksin yang dilakukan di Jakarta untuk dosis satu sudah mencapai 7.326.205. Dosis dua 2.410.672. Dan dosis satu dua sudah mencapai 9.736.877 dosis," ungkapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)