DKI Perlonggar Aturan selama Ramadhan, Anies: Tahan Nafsu untuk Kumpul-kumpul

Senin, 12 April 2021 - 21:49 WIB
loading...
DKI Perlonggar Aturan selama Ramadhan, Anies: Tahan Nafsu untuk Kumpul-kumpul
Gubernur DKI Anies Baswedab dalam video yang diposting di akun media sosialnya, Senin (12/4/2021) malam. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan agar warga tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan selama bulan Ramadhan 1442 H. Pelonggaran aturan bukan berarti mengabaikan kesehatan dan keselamatan.

Imbauan itu disampaikan Anies dalam video yang diposting di akun media sosialnya, Senin (12/4/2021) malam. "Alhamdulillah, Ramadan kembali menyapa kita," tulis Anies mengawali postingannya.

"Ini adalah kali kedua kita menjalani Ramadan dalam suasana pandemi COVID-19. Alhamdulillah situasi di Jakarta saat ini relatif terkendali. Dan proses vaksinasi di Jakarta terus berjalan dengan cepat, dengan prioritas tenaga kesehatan, warga lansia dan petugas pelayan publik," beber Anies.



Kondisi tersebut, kata Anies, menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengatur pembatasan kegiatan ibadah di bulan Ramadan, yang tahun ini bisa lebih longgar dibanding tahun lalu. Kini salat tarawih berjamaah di masjid, di lingkungan sendiri, diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 50% dan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat.

"Tentu semua ini kita syukuri, tapi pandemi belum usai. Beberapa negara lain saat ini sedang mengalami lonjakan kasus, bahkan sudah gelombang ketiga akibat varian baru COVID-19," kata Anies.



Oleh karena itu, lanjut Anies, penting sekali agar tetap bersama-sama serius mencegah agar hal tersebut tidak terjadi di Jakarta.

"Di bulan puasa ini, godaan untuk kumpul-kumpul, baik untuk beribadah maupun silaturahmi akan sangat besar. Namun menahan nafsu, menahan godaan, bukankah itu inti dari ibadah di bulan suci Ramadan ini?" tukasnya.



"Penting sekali untuk kita tahan godaan, jaga amanah, dan tidak menyia-nyiakan kelonggaran yang telah dibolehkan. Risiko tertular dan menularkan itu masih ada, termasuk teman-teman yang sudah divaksin. Hindari mengadakan buka bersama, kumpul-kumpul keluarga begitu banyak, tanpa ada menjaga jarak, apalagi sampai membuka masker," ujar Anies.

Tahun ini, pesan Anies, prioritaskan keselamatan, keselamatan dan keselamatan. Hari ini kemenangan itu sudah di depan mata, sudah menuju kondisi yang lebih baik. Mari bersama-sama menahan diri dengan tetap disiplin.

"Ini adalah perjuangan kita bersama, kita serius, kita disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ini semua adalah amanat yang dititipkan kepada diri kita masing-masing untuk melawan pandemi. Insya Allah bila kita semua ingat, bila kita semua tegakkan amanat ini, Insya Allah, Allah akan membantu kita mengalahkan COVID-19 ini," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)