Bendung Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada Banjir

Minggu, 11 April 2021 - 15:54 WIB
loading...
Bendung Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada Banjir
Sore ini, terpantau ketinggian air Sungai Ciliwung berada pada titik 140 centimeter atau status siaga 3 di Bendung Katulampa, Bogor.Foto/Dok/Istimewa
A A A
BOGOR - Tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Kota Bogor merangkak naik. Sore ini, terpantau ketinggian air Sungai Ciliwung berada pada titik 140 centimeter atau status siaga 3 setelah wilayah Bogor diguyur hujan lebat.

Petugas Bendung Katulampa Muhamad Alwan mengatakan kenaikan debit air tersebut terjadi sekira pukul 15.30 WIB. Setelah sebelumnya hanya pada ketinggian 10 centimeter pada pukul 07.00 WIB.

"Sekarang 140 centimeter status siaga 3," kata Alwan, dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Sedikitnya, ada sekitar 246 ribu liter perdetik air sungai Ciliwung yang melintas di Bendung Katulampa menuju Ibu Kota Jakarta. Air tersebut diperkirakan sampai dalam waktu sekitar 9-12 jam ke depan.

"Kita akan terus koordinasi dengan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air," ucapnya. Sementara itu, berdasakan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Puncak dan sekitarnya masih berpotensi diguyur hujan intensitas lebat hingga petang nanti.

Adapun wilayah yang perlu diantisipasi yakni Ciawi, Gadog, Megamendung, Cisarua hingga kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai kondisi cuaca seperti saat ini.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)