Keluarkan Peringatan Dini, BPBD DKI 5 Wilayah di Jaktim Waspada Banjir Kiriman

Senin, 18 Mei 2020 - 21:58 WIB
loading...
Keluarkan Peringatan Dini, BPBD DKI 5 Wilayah di Jaktim Waspada Banjir Kiriman
Warga tengah duduk di teras depan rumah yang tengah direndam banjir. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini bencana banjir, Senin (18/5/2020). Melalui akun twitternya operator BPBD DKI mengimbau warga untuk waspada karena sekitar 6 hingga 9 jam ke depan, air akan sampai di pintu air Manggarai.

Adapun wilayah yang akan dilalui kiriman air di antaranya berada di Jakarta Timur, seperti Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu. ( )

"Infodisaster early warning system (DEWS), kepada warga bantaran sungai akibat kenaikan Pos Pantau Depok, TMA (tinggi muka air) 300 sentimeter/gerimis (waspada/siaga 2) pada hari Senin, 18 Mei 2020, pukul 19.00 WIB," tutur operator BPBD DKI yang menyampaikan imbauan dalam video berdurasi 1 menit.

Peningkatan debit air di Pos Pantau Depok dijelskan secara rinci di media sosial milik BPBD DKI. Pukul 17.00 WIB, TMA 140 sentimeter dalam kondisi normal atau siaga 4, sementara pada pukul 18.00 WIB tinggi muka air menjadi 225 sentimeter, dalam kondisi waspada atau siaga 3.

Langkah yang telah dilakukan yakni penyebaran informasi melalui peringatan dini DEWS, lintasan Sungai Ciliwung yang diaktifkan. Kemudian, pemberitahuan kepada camat dan lurah melalui grup WhatsApp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta, serta mengimbau masyarakat yang berada di bantaran Sungai Ciliwung melalui pesan singkat berantai.

Berikut Wilayah yang akan dilalui air kiriman dari Pos Pantau Depok yang saat ini berstatus Siaga II :

- Srengseng Sawah.
- Rawajati.
- Pengadegan.
- Cikoko.
- Pejaten Timur.
- Kebon Baru.
- Bukit Duri.
- Balekambang.
- Cililitan.
- Cawang.
- Bidara Cina.
- Kampung Melayu.
- Manggarai.
- Tanjung Barat.
- Kebon Manggis.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)