Pangdam dan Kapolda Nekat Menerobos Banjir di Titik Jebolnya Tanggul Sungai Citarum

Minggu, 21 Februari 2021 - 19:16 WIB
loading...
Pangdam dan Kapolda Nekat Menerobos Banjir di Titik Jebolnya Tanggul Sungai Citarum
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengecek titik banjir di Kabupaten Bekasi akibat tanggul Sungai Citarum jebol, Minggu (21/2/2021). Foto IST
A A A
BEKASI - Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengecek langsung salah satu titik banjir terparah di Kabupaten Bekasi akibat tanggul Sungai Citarum jebol. Keduanya nekat menerobos banjir sedengkul kaki orang dewasa.

Baca Juga: Menteri PUPR, Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Tinjau Banjir di Bekasi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, Pangdam dan Kapolda ingin melihat langsung lokasi banjir tersebut. Selain mengevakuasi warga, keduanya datang memberikan bantuan. "TNI-Polri berupaya semaksimal mungkin membantu warga apa saja yang dibutuhkan di sana," kata Yusri dalam keteranganya, Minggu (21/2/2021).

Menurut dia, puluhan perahu karet dari Kodam, Polda, Tim SAR diterjunkan untuk mengevakuasi warga. Pihaknya ingin memastikan warga yang terkena dampak mudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman dan nyaman. “Kami juga mendorong pemerintah daerah setempat unntuk melakukan penanganan banjir terutama memperbaiki tanggul Sungai Citarum yang jebol,” ungkapnya.

Baca Juga: Aksi Heroik Kapolsek Mengevakuasi Korban Banjir, Ada Yang Digendong hingga Didorong Gerobak

Seperti diketahui, tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jebol pada Sabtu (20/2/2021) tengah malam. Luapan air dari Sungai Citarum yang tanggulnya jebol tersebut membuat ribuan rumah warga di Kabupaten Bekasi dan Karawang terendam banjir sedalam 1-3 meter. Saat kejadian warga panik disebabkan kondisi sedang terlelap tidur air masuk dengan cepat.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2980 seconds (0.1#10.140)