Permukiman Warga Kebon Pala Jaktim Terendam Banjir Setinggi 80-125 Cm

Jum'at, 19 Februari 2021 - 08:44 WIB
loading...
Permukiman Warga Kebon Pala Jaktim Terendam Banjir Setinggi 80-125 Cm
Permukiman warga Kebon Pala, Jakarta Timur, terendam banjir dengan ketinggian 80-125 cm.Foto/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Permukiman warga di RT 005/011, Kebon Pala, Jakarta Timur kembali dilanda banjir pada Jumat (19/2/2021) pagi. Ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai 80-125 cm.

Holis warga setempat mengatakan, air mulai masuk ke permukiman sekitar 02.00 WIB. "Naiknya cepat banget, itu langsung masuk ke dalam rumah," kata Holis di Jatingera, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2021).

Warga lainnya, Sanusi menjelaskan, penyebab banjir tidak lain karena meluapnya Kali Ciliwung. Terlebih, kata dia, air yang merendam permukiman disebabkan karena mendapat limpahan dari wilayah Bogor."Kemarin kan di sana (Katulampa, Bogor) siaga 4, jadi kita yang ada di sini (Kebon Pala) kena banjir lagi," ujarnya.

Dikatakan Sanusi, meski air merendam permukiman, namun warga belum ada warga yang mengungsi."Di sini (Kebon Pala) kalau banjir itu pasti air kiriman. Paling beberapa jam lagi biasanya juga sudah surut kalau hujan enggak turun," ucapnya. Baca: Hujan Deras, Permukiman di Cipinang Melayu, Pondok Kelapa dan Pondok Bambu Terendam Banjir

Permukiman yang terletak di bantaran kali Ciliwung tersebut pada setiap musim penghujan menjadi wilayah langganan banjir. Sehingga, kata dia, warga sekitar sudah jauh-jauh hari mengamankan barang berharga. "Kan sudah terbiasa jadi kalau air belum sampai naik ke lantai dua kita masih tetep bertahan," ucapnya.

Diketahui banjir yang menerjang permukiman warga di Kebon Pala, Jakarta Timur pada kali ini diakibatkan karena luapan Kali Ciliwung. Sebelumnya pada Kamis 18 Februari 2021 Bendung Katulampa yang berada di hulu berstatus siaga 4.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)