Bareng GKC Jokowi, Sandi Bagikan Sembako ke Pedagang dan Manusia Gerobak

Minggu, 17 Mei 2020 - 21:37 WIB
loading...
Bareng GKC Jokowi, Sandi Bagikan Sembako ke Pedagang dan Manusia Gerobak
Ketua umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno membagikan sembako untuk manusia gerobak dan pedagang di Jakarta.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 terus bergerak membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Aksi yang dilakukan seperti menggelar rapid test massal gratis maupun membagikan sembako untuk warga yang terdampak Covid-19.

Hari ini,Ketua umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno bergerak bersama kelompok relawan Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi, yang merupakan bagian dari Relawan Indonesia bersatu. Sandiaga dan relawan bergerak membagikan sembako kepada warga yang tak terdata bantuan dari pemerintah. Mereka yakni pedagang mi ayam dan manusia gerobak yang tidak mengantongi KTP Jakarta.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 sendiri merupakan kumpulan kelompok relawan yang bergerak membantu pemerintah menghadapi Covid-19. Di dalamnya berisi Relawan Gugus Tugas, Relawan Jokowi, Relawan Sandiaga Uno maupun relawan dari ormas-ormas di Indonesia. Bantuan kali ini diberikan untuk warga RT 6/9, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (17/5/2020).

Sandi tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB, didampingi Ketua umum GKC Jokowi, Kelik Wirawan, Sekjen GKC Jokowi, Didi Budiono, Bendahara GKC Jokowi, Ade Rukmini. Sandi menyusuri gang-gang kecil menuju pemukiman warga yang akan diberikan bantuan sembako."Kami baru saja melakukan kegiatan mendata masyarakat penerima bantuan. Banyak yang belum tersentuh bantuan, oleh karena itu hari ini bersama relawan kita turun di kelurahan Pasar Manggis, RT 06/09. Di sini ada beberapa keluarga yang tadi Alhamdulilah sempat bersilaturahmi, ada juga dari pedagang mi ayam, Pak Suharno, yang Alhamdulillah berkomitmen tidak mudik," kata Sandi dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Minggu (17/5/2020).

Menurut dia kegiatan ini bagian dari upaya membantu masyarakat yang kurang mampu karena penghasilannya turun, tapi biaya terus meningkat. Oleh karena itu bantuan ini diharapkan meringankan beban masyarakat."Di daerah padat ini juga belum diadakan rapid test, jadi salah satu masukan yang akan kami bawa ke Relawan Indonesia Bersatu adalah untuk menyasar kegiatan rapid test disini nanti, kegiatan mobile rapid test berbasis PCR karena di sini daerahnya sangat padat," ujar Sandi.

Hannah salah seorang warga yang juga ibu rumah tangga mengaku belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, meski memiliki e-KTP DKI Jakarta."Alhamdulilah sekali, saya belum dapat bantuan kebetulan Pak," kata Hannah. (Baca: Bertambah 1 Orang, 62 Pasien Positif Covid-19 Kota Bogor Masih Dirawat)

Adapun paket sembako yang dibagikan berupa beras, gula, susu, kecap, telur dan lain-lain. Paket Sembako yang dibagikan sebanyak 350. Usai menyerahkan sembako kewarga RT 6/9, Kelurahan Pasar Manggis, Sandi dan relawan kemudian berpindah ke lokasi kedua di kawasan Kuningan, Jaksel.

Menjelang buka puasa, Sandiaga menyempatkan diri untuk menyapa pemulung yang setiap harinya menggunakan gerobak atau disebut 'manusia gerobak'.Sandi dalam kesempatan itu, juga memberikan bantuan paket sembako untuk mereka."Ini untuk meringankan beban ya Bu," ucap Sandiaga kepada seorang ibu 'manusia gerobak'.

Ibu itu mengaku merasa terbantu dengan adanya bantuan sembako. Sebab, biaya untuk makan biasanya bertumpu saat memulung. Namun, kini sulit rasanya untuk mendapatkan uang di tengah pandemi Covid-19. Ibu tersebut membawa serta dua orang anaknya yang berada di atas gerobak. Sandi tak sungkan untuk juga memberikan paket sembako kepada dua anak ibu tersebut.

Dia juga turut mengimbau kepada 'manusia gerobak' yang masih harus mencari rejeki di luar rumah saat pandemi Covid-19 menjaga kesehatan. "Tetap jaga kesehatan, pakai masker jangan lupa ya," ucap Sandi.

Sandi mengajak masyarakat untuk tetap bersatu melawan Virus Corona ini. Sandi meminta masyarakat untuk memandang lebih jeli bahwa Pandemi Covid-19 ini adalah hal yang baru dan patut untuk diwaspadai. Namun, Sandi tetap yakin Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19 ini secepatnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)