DKI Kembali Siapkan Lahan Baru TPU Khusus Jenazah Covid-19 di Kampung Dukuh

Selasa, 26 Januari 2021 - 19:41 WIB
loading...
DKI Kembali Siapkan Lahan Baru TPU Khusus Jenazah Covid-19 di Kampung Dukuh
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota sedang mempersiapkan lahan baru untuk pemakaman khusus jenazah Covid-19 di wilayah Kampung Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Saya sudah berbalas surat dengan Kadis Pertamanan, lokasinya di RW 01, Kelurahan Dukuh. Saya belum tahu persis luasnya," ujar Camat Kramat Jati Eka Darmawan saat dikonfirmasi, Selasa (26/1/2021).

Adapun lokasi TPU Kampung Dukuh yang bakal dijadikan lahan pemakaman khusus jenazah COVID-19 berada di Jalan Penggilingan."Setahu saya ada (lahan di TPU Kampung Dukuh) yang pernah dibebaskan tapi belum dipakai. Mungkin itu (lahan yang dijadikan khusus pemakaman jenazah Covid-19)," katanya



Eka memastikan, TPU Kampung Dukuh memiliki lahan yang luas dan akses keluar masuk mobil ambulans yang baik. Artinya, proses pemakaman jenazah Covid-19 tidak akan terkendala.

"Ada jalan mobil masuk ke TPU. Setelah dapat surat (pembukaan lahan khusus pemakaman jenazah Covid-19 dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta) saya tinjau lokasinya," tuturnya.

Baca juga: TPU Bambu Apus Jadi Pemakaman Pasien COVID-19, Pemprov Siapkan 3.000 Meter Persegi Lahan Baru

Menurut Eka, lahan baru pemakaman khusus jenazah Covid-19 di TPU Kampung Dukuh masih perlu sosialisasi sebelum digunakan. "Perlu ada sosialisasi dari pihak (Dinas) Pertamanan bersama kita (Kecamatan) ke warga. Pihak Sudin (Pertamanan) sudah koordinasi dengan Lurah," kata Eka.

Sosialisasi tersebut dilakukan agar tidak ada warga yang menolak prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Kampung Dukuh. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta harus meyakinkan warga bahwa pemulasaran tidak akan menularkan virus Covid-19.

"Saya akan tanyakan kembali ke Sudin (Pertamanan) untuk pelaksanaan sosialisasi. Karena kondisi sedang pandemi Covid-19 gimana teknisnya (sosialisasi ke warga)," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)