Sejumlah TPU di Jakarta Penuh, 1.500 Petak Makam di Rorotan Sudah Siap Digunakan

Kamis, 21 Januari 2021 - 18:31 WIB
loading...
Sejumlah TPU di Jakarta Penuh, 1.500 Petak Makam di Rorotan Sudah Siap Digunakan
Eskavator tampak di lokasi pemakaman TPU Rorotan, Jakarta Utara. Foto: Instagram @jakut.info
A A A
JAKARTA - Sedikitnya 1.500 petak makam khusus untuk jenazah pasien Covid-19 telah disiapkan Pemprov DKI Jakarta di kawasan Rorotan, Jakarta Utara. Petak-petak makam itu kini tengah perapian dan siap digunakan.



Dalam foto yang diposting akun Instagram @jakut.info, terlihat petugas tengah melakukan persiapan lahan. “1.500 petak makam disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai lahan pemakaman khusus Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jalan Rorotan IX, RT 03/09, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara,” tulis akun @jakut.info dalam caption foto.

Diberitakan sebelumnya, pemakaman khusus jenazah Covid -19 di TPU Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, nyaris penuh. Baru sepekan dibuka, dari lahan seluas 0,5 hektare hampir 80 persen telah terisi.

Baca juga: Gawat! Baru Dibuka 1 Minggu, TPU Covid 19 di Srengseng Sawah Sudah Penuh

Berbeda dengan di TPU Srengseng Sawah, TPU Rorotan ini memiliki kapasitas tiga kali lebih besar. Hal itu terlihat dari postingan foto yang disebar akun @jakut.info setelah mengambil dari akun @irenac.

Dalam foto terlihat petugas pemakaman dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta sedang mempersiapkan lahan pemakaman itu. Termasuk dua alat berat yang masih berada di lokasi. Alat berat itu tampak mengeruk lahan yang kebanyakan merupakan rawa-rawa.

Baca juga: TPU Bambu Apus Jadi Pemakaman Pasien COVID-19, Pemprov Siapkan 3.000 Meter Persegi Lahan Baru

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnyam mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan lahan pemakaman jenazah Covid-19 di Rorotan, Jakarta Utara. Lahan ini disediakan lantaran semakin penuhnya TPU Pondak Ranggon dan TPU Tegal Alur. "Pemprov DKI sudah menyiapkan 1.500 petak makam di Rorotan," ungkap Ariza.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menjamin tidak ada penolakan warga terkait adanya pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan. Sebab, sebelum dilakukan pembangunan, pihak kelurahan sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada warga.

(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)