Puluhan Buaya Lepas ke Cisadane, Banksasuci Telusuri Sungai

Selasa, 03 November 2020 - 21:17 WIB
loading...
Puluhan Buaya Lepas ke Cisadane, Banksasuci Telusuri Sungai
Personel Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) menyisir sungai Cisadane menyusul kabar ada puluhan buaya lepas ke sungai yang membelah Kota Tangerang ini. SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG - Beredar kabar puluhan ekor buaya rawa lepas ke Sungai Cisadane , sehingga meresahkan warga di sekitar bantaran sungai. Direktur Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Ade Yunus mengatakan, sejak kabar puluhan buaya rawa itu lepas ke Sungai Cisadane, pihaknya langsung sisir sungai.

Kabar lepasnya puluhan buaya ini, beredar di media sosial dan terkirim melalui pesan berantai WhatsApp (WA). Warga pun menjadi resah dengan informasi yang cepat beredar itu dan menyisir aliran Sungai Cisadane, Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, seharian tadi susur sungai sampai ke Cisauk dan Cipeucang, tidak menemukan (buaya) yang ramai diperbincangkan," kata Ade, saat berbincang dengan SINDOnews, di Serpong, Selasa (3/11/2020).

Dia mengatakan, berdasarkan video pesan WA yang tersebar, tampak sejumlah buaya terlepas masuk ke dalam Sungai Cisadane. Buaya-buaya tersebut berukuran cukup besar. (Baca juga; Geger, Warga Rumpin Bogor Tangkap Buaya Sepanjang 2,7 Meter )

"Hingga saat ini, belum ada pihak resmi penangkaran yang statement. Untuk itu, kita pastikan dengan susur sungai. Alhamdulillah, tidak menemukan buaya-buaya tersebut. Dari lokasinya, betul itu di Cisadane," paparnya.

Sepanjang yang dia ketahui, penangkaran buaya berada di wilayah hilir setelah Pintu Air 10. Sedangkan di bagian hulunya, pihaknya tidak mengetahui jika ada penangkaran.

"Betul, tapi kalau penangkaran yang kita tahu adanya dihilir setelah Pintu Air 10. Kalau yang di hulu kita belum tahu," sambungnya. (Baca juga; Mandi di Sungai, Nelayan Labura Ditelan Buaya Ganas )

Sementara itu, Koordinator Tagana Kota Tangerang, Bondan Kurniawan mengatakan, kalau informasi tersebarnya sejumlah ekor buaya ini benar adanya. Dirinya pun memastikan bahwa informasi itu akurat."Ya, A1. Ada beberapa ekor buaya di Kali Cisadane karena terlepas dari penangkaran," tukasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)