Kembali Dibuka, Jakarta Aquarium Terapkan Protokol Kesehatan secara Ketat

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:40 WIB
loading...
Kembali Dibuka, Jakarta Aquarium Terapkan Protokol Kesehatan secara Ketat
Jakarta Aquarium kembali beroperasi sejak 23 Oktober 2020 lalu setelah tutup karena PSBB pengetataan dan transisi beberapa waktu lalu.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jakarta Aquarium kembali beroperasi sejak 23 Oktober 2020 lalu setelah tutup karena PSBB pengetatan dan transisi beberapa waktu lalu. Lembaga konservasi yang menjadi bagian dari Taman Safari Indonesia Group itu bahkan siap menghadapi akhir pekan panjang libur Maulid Nabi Muhammad yang dimulai Kamis, 29 Oktober 2020 besok.

"Jakarta Aquarium menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Seluruh karyawan dipastikan negatif Covid-19 dan rutin menjalani rapid test. Seluruh area juga kami desinfektan, bahkan tersedia wastafel dan hand-sanitizer di banyak titik di lokasi," ungkap Head of Social, Branding, and Communication, Fira Basuki dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Rabu (28/10/2020).

Fira menegaskan, Jakarta Aquarium sangat ketat dalam penjagaan jarak pengunjung. Mereka juga memastikan pengunjung datang dalam keadaan fit dan sehat lewat pengecekan suhu badannya, selalu memakai masker, dan tangan mereka selalu bersih.
Berbagai hal menarik telah disiapkan oleh Jakarta Aquarium, baik tetap menyajikan hiburan yang sudah ada dengan protokol kesehatan, maupun menambah hal-hal baru yang seru. (Baca: Liburan Panjang, Yuk! Tetap Jaga Protokol Kesehatan)

"Kami menyiapkan hiburan akhir pekan panjang ini, pengunjung bisa tetap menikmati pertunjukkan Pearl of The South Sea, melihat atraksi satwa, dan memberi makan satwa secara langsung. Misalnya memberi makan Binturong dan Penguin," kata Fira.

Pearl of the South Sea adalah pertunjukan opera puteri duyung yang menggabungkan atraksi panggung dan akuarium. Bahkan, untuk liburan ini mereka dijadwalkan tampil lebih sering. Hal lain yang menjadi spesial di liburan adalah pekan SeaPooky dari 29 Oktober hingga 1 November 2020.

Pada momen ini pengunjung bisa melihat suasana Halloween. Mulai dari bisa memahat labu, hingga melihat puteri duyung dan penyelam memakai kostum yang 'menyeramkan' tapi seru. Tentunya, Jakarta Aquarium sebagai lembaga konservasi menjadi 'rumah' bagi 3.000 lebih satwa akuatik dan nonakuatik. Beberapa di antaranya sudah nyaris punah di alam aslinya, seperti Binturong dan Wallaby. Karena itu, pengunjung wajib untuk melihat dan berswafoto bersama mereka.

Mengenai pembatasan jumlah pengunjung, bahkan tanpa dibatasi pun pengunjung masih sangat minim dibanding keadaan normal. "Tanpa pembatasan pun kami masih sangat sedikit pengunjungnya. Jauh di bawah, bahkan dari yang dianjurkan. Karena itu, kami butuh bantuan media, masyarakat, dan pemerintah untuk peduli dengan para satwa di lembaga konservasi ini," tutur Fira. (Baca: 12 Kasus Baru, Total 1.685 WNI Positif Covid-19)

Untuk saat pandemi ini ketika bepergian ke luar kota berisiko, Jakarta Aquarium menjadi tempat pilihan untuk refreshing di tengah kota Jakarta. Dengan tagline Magic of the Living Planet, Jakarta Aquarium menyediakan koleksi satwa akuatik, nonakuatik, dan hiburan dalam satu paket. Jakarta Aquarium buka mengikuti jam buka mall Neo Soho, Jakarta Pusat. Khusus akhir pekan panjang ini, Kamis (29/10), buka pukul 10.00-21.00 WIB, sementara Jumat (30/10) buka pukul 11.00-20.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 10.00-21.00 WIB.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)