Banjir Ancam Depok, Begini Solusi Cepat dari Ridwan Kamil

Selasa, 13 Oktober 2020 - 22:35 WIB
loading...
Banjir Ancam Depok, Begini Solusi Cepat dari  Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan pemantauan titik banjir di Kota Depok, Selasa (13/10/2020). Foto: SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan pemantauan titik-titik banjir di Kota Depok, Selasa (13/10/2020). Salah satu lokasi yang didatangi Ridwan Kamil adalah Jalan Arif Rahman Hakim, Beji.

Ridwan Kamil juga melakukan meninjauan ke Setu Rawa Besar dan Setu Pladen. Di sana Ridwan Kamil menemukan bahwa permasalahan banjir yang sulit ditangani karena adanya penyempitan. (Baca juga: Waspada Banjir, La Nina Tingkatkan Curah Hujan yang Sudah Tinggi)

“Saya coba pahami problem Depok yaitu masuk musim hujan. Saya dapat laporan banjir yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan lebih baik,” ujar Ridwan Kamil.

Dia lalu meminta Pjs Wali Kota Depok untuk segera melakukan tindakan. Karena jika tidak segera ambil tindakan, maka ancaman banjir selalu menghantui warga.

“Saya sudah instruksikan kepada Pj Wali Kota untuk dihitung saja, kalau ternyata solusinya pelebaran, pengerukan, dan lainnya, ya segera lakukan, hitungan hari. Karena kalau lewat dari 1-2 hari, hujan datang lalu banjir, kasian warga,” ucapnya.

Untuk solusi banjir jangka pendek, Emil akan berkordinasi dengan pihak terkait guna mendatangkan alat keruk sampah. Karena kalau dilakukan pembongkaran, sangat tidak mungkin. (Baca juga: Proyek Perumahan Bikin Banjir, Warga Protes ke Pemkot Tangsel)

“Kalau banjir solusi jangka pendek saya ambil alat untuk keruk sampah yang melintas. Karena kalau dibongkar enggak mungin, kalau orang nyelam juga enggak mungkin. Satu-satunya cara, saya carikan alat secara mekanis untuk angkut sampah. Mungkin di Pindad Bandung ada, saya hibahkan kalau alatnya ada,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa persoalan air itu sebagai teori sederhana. Persoalan air tidak bisa dibohongi. “Mau bagaimana juga kalau dia dicintai, juga balik mencintai. Kalau dibungkam airnya marah. Nah kira-kira ada penyempitan di sana, itu jangka pendek sudah saya perintahkan kerjakan saja. Kalau masih bicara kewenangan, nanti panjang lagi, keburu hujan lagi, jadi ngeruk berapa nanti koordinasi,” ucapnya.

Ketika mengunjungi dua setu di Depok, Emil melihat kondisinya sudah baik. Bahkan dia berjanji akan menambah fasilitas pariwisata untuk hiburan warga.

“Ada 2 setu yang saya kunjungi. Salah satunya Rawa Besar, bagus lah ya. Kualitasnya kalau diperbandingkan lebih besar di sana (Rawa Besar). Nanti saya tambahkan fasilitas pariwisata perahu untuk warga, karena kalau warga bahagia kan imun juga naik, tinggal jaga jarak saja dan disiplin,” pungkasnya. R Ratna Purnama
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)