Hari Tani, Dinas KPKP DKI Ikuti Lomba Pekarangan Pangan Lestari

Jum'at, 25 September 2020 - 06:07 WIB
loading...
Hari Tani, Dinas KPKP DKI Ikuti Lomba Pekarangan Pangan Lestari
Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengikuti kegiatan panen Pekarangan Pangan Lestasi (P2L). Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengikuti kegiatan panen Pekarangan Pangan Lestasi (P2L) yang diadakan serentak di 34 provinsi dalam rangka Peringatan Hari Tani 2020. Panen serentak ini dipimpin oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo yang melakukan panen P2L di halaman Kantor Kementan RI, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pelaksanaan panen P2L di DKI Jakarta dilakukan di Kelompok Tani Ampar Adum Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara Jakarta Timur. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, peringatan Hari Tani 2020 di tengah Pandemi Covid 19 membawa makna yang sangat penting dalam memposisikan peran petani sebagai garda terdepan dalam pencukupan pangan.

"Petani tetap berproduksi dan memberikan baktinya dalam menghasilkan pangan yang harus tetap tersedia bagi seluruh warga," ungkap Darjamuni di Jakarta, Kamis 24 September 2020. (Baca juga: Hendi Dorong Urban Farming Tanaman Pangan di Kota Semarang )

Selain itu, Kementan RI juga mengadakan lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di 34 Provinsi untuk meningkatkan semangat dan penghargaan atas kemandirian pangan bagi kelompok P2L. (Baca juga: Transisi New Normal, DKPP Pastikan Pangan di DKI Tersedia dan Aman )

Dinas KPKP DKI Jakarta mengusulkan aktivitas P2L di sejumlah lokasi untuk mengikuti lomba diantaranya, Kelompok Tani Ampar Adum Kelurahan Cipinang Besar Utara Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur sebagai kategori P2L Bantuan Pemerintah, Urban Farming Angel Jalan Delima IV Gang 12 RT 14/05, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur untuk kategori Swadaya.

Kemudian Gunung Sahari Farm 11 Jalan Gunung Sahari 11, Sawah Besar, Jakarta Pusat untuk kategori Pertanian Perkantoran; dan Kelompok Tani Mas SMKN 63, Cipedak, Jagakarta, Jakarta Selatan kategori Pertanian Masuk Sekolah.



Darjamuni menjelaksan, Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen mengembangkan pertanian perkotaan. Selain memfasilitasi dan memberikan bimbingan, peran berbagai pihak seperti BPTP DKI Jakarta, perguruan tinggi, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jakarta, perusahaan swasta, serta komunitas masyarakat turut membantu meningkatkan pertanian perkotaan di DKI Jakarta.

"Diharapkan, pertanian perkotaan (urban farming) yang semakin berkembang di DKI Jakarta, khususnya P2L, mampu memberikan kemandirian pangan bagi setiap anggotanya. Dan setelah mand. iri maka mampu untuk memenuhi permintaan pasar untuk mendukung ketahanan pangan DKI Jakarta," tutup Darjamuni.
(mhd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1792 seconds (10.101#12.26)