DKI Dapat Bantuan Seribuan Tenaga Medis, Anies: Terima Kasih Sudah Datang ke Jakarta

Selasa, 08 September 2020 - 15:42 WIB
loading...
DKI Dapat Bantuan Seribuan Tenaga Medis, Anies: Terima Kasih Sudah Datang ke Jakarta
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan arahan kepada seribuan tenaga kesehatan (nakes) yang baru datang dari berbagai daerah guna membantu penanganan pandemi Covid-19 di Ibu Kota.

Bantuan tenaga medis yang baru tersebut terdiri atas dokter spesialis paru 2 orang, dokter spesialis penyakit dalam 1 orang, dokter spesialis anestesi 1 orang, dokter spesialis anak 1 orang, dokter spesialis Obgyn 3 orang, dokter umum 140 orang.

Kemudian, perawat 740 orang, perawat IPCN 4 orang, bidan 12 orang, radiografer 14 orang, pranata laboratorium 118 orang, penyuluh kesehatan 89 orang, dan surveilans 49 orang.(Baca juga: Kenang Malik Fadjar, Anies Baswedan: Beliau Pejuang Pendidikan yang Gigih)

"Dukungan tambahan pertahanan terakhir kita dalam menjaga keselamatan warga Jakarta. Kami ingin sampaikan terima kasih memilih datang ke Jakarta membantu," ujar Anies melalui video conference, Selasa (8/9/2020).

Anies mengatakan, tenaga kesehatan datang langsung mulai dari Aceh, Bangka Belitung, hingga Sumatera Barat. Para tenaga kesehatan ini datang atas kemauan sendiri dan secara sukarela.

"Anda memilih untuk mengambil risiko. Pada saat terjadi kasus Covid kantor itu dikosongkan, tempat pertemuan dikosongkan untuk mengurangi risiko penularan Covid, di situ pusat penularan. Ketika Anda secara sukarela profesional mengurusi Covid, Anda memilih untuk di medan tempur. Atas nama pemerintah saya ucapkan terima kasih," tandasnya. (Baca juga: Pesan Muhadjir untuk Dokter dan Nakes: Selamatkan Dulu Diri Sendiri, Sebelum Orang Lain)

Menurut Anies, tenaga kesehatan sukarelawan tersebut menjadi bukti bahwa setiap ibu dari bangsa Indonesia melahirkan anak-anak pejuang yang peduli menyelamatkan nyawa sesama.

"Di sini ada insentif, ada remunerasi, ada fasilitas, tetapi itu semua tidak ada artinya bila kita bandingkan dengan risiko yang mungkin Anda hadapi. Dan pengabdian teman-teman semua jangan pernah dirupiahkan," tuturnya.

Anies berpesan agar para tenaga medis sukarelawan ini membawa semangat untuk menyelamatkan nyawa sesama dengan hati yang tulus. (Baca juga: Terima Insentif dari Pemerintah, Nakes PPDS: Kami Merasa Dihargai dan Jadi Tambah Semangat)

"Datangi sepenuh hati, Insya Allah Anda mendapatkan ini semua kesempatan untuk berpahala. Perhatikan seluruh prosedur keselamatan dan jalankan dengan disiplin. Jangan lemah, jangan anggap sudah biasa maka aman," tandasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)