DKI Dinilai Belum Punya Jurus Jitu Tangani Banjir

Minggu, 23 Februari 2020 - 17:11 WIB
DKI Dinilai Belum Punya Jurus Jitu Tangani Banjir
DKI Dinilai Belum Punya Jurus Jitu Tangani Banjir
A A A
JAKARTA - Banjir yang terjadi di Ibu Kota Jakarta pada Minggu (23/2/2020) hari ini disebabkan oleh hujan lokal bukan banjir kiriman. Luapan air sungai dan luberan air saluran menunjukkan memang tidak ada penanganan pembenahan sungai dan perbaikan saluran air kota yang signifikan.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Joga. Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum mempunyai jurus jitu untuk mengantisipasi banjir. Sejak awal Januari hingga banjir hari ini, kata dia, DKI justru sibuk mengurusi revitalisasi dan Formula E di Monas pasca banjir awal tahun hingga hari ini.

"DKI tidak bisa mengklaim berhasil mengatasi banjir. tidak ada upaya serius penanganan banjir inilah yang membuat frustasi warga terutama warga yang terdampak banjir hari ini," kata Nirwono Joga saat dihubungi, Minggu (23/2/2020).

Beruntung, kata Nirwono, banjir selalu terjadi di hari libur, sehingga tidak terlalu terganggu atau terdampak masyarakat yang beraktivitas. Apabila terjadi pada hari biasa, maka akan terasa nanti reaksi masyarakat.

"Segera normalisasi kali dan waduk. Pastikan semua saluran air terhubung," katanya. (Baca Juga: Banjir Surut, Underpass Matraman Sudah Bisa Dilintasi Kembali(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2627 seconds (0.1#10.140)