alexametrics

Ciliwung Meluap, Banjir 1 Meter Rendam Permukiman Warga di Cawang

loading...
Ciliwung Meluap, Banjir 1 Meter Rendam Permukiman Warga di Cawang
Banjir melanda permukiman warga di RT 09, RT 10, RT 11, dan RT 12/RW 05 Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020). Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A+ A-
JAKARTA - Banjir melanda permukiman warga di RT 09, RT 10, RT 11, dan RT 12/RW 05 Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020). Ketinggian banjir hingga pukul 15.24 WIB mencapai 1 meter setengah.

Salah seorang warga, Sofian (52), mengatakan, banjir di permukiman warga dikarenakan meluapnya Kali Ciliwung yang melintasi permukiman mereka. (Baca juga: Bendung Katulampa Siaga III, Warga Diimbau Waspada)

"Ini air sudah naik lagi, tapi kita enggak tahu sekarang siaga berapa. Di bawah aja air tingginya sudah sedada," kata Sofian saat ditemui di lokasi, Kamis (20/2/2020).

Sofian menuturkan, ketinggian air paling tinggi berada di RT 09 dan RT 011. Sebab dua wilayah tersebut berdekatan dengan kali dan kontur tanah yang jauh lebih rendah.



"Paling tinggi ya di RT 09 sama RT 011, airnya makin naik nih mas, sudah masuk rumah warga juga," ujar Sofian. (Baca juga: Pemprov DKI Imbau Warga Waspada Adanya Banjir Kiriman)

Berdasarkan pantau SINDOnews di lokasi, warga sekitar sudah bersiap-siap untuk mengungsi. Salah satu warga bernama Rodiah (52) mengaku telah menyiapkan keperluan seadanya dan berencana bermalam di rumah keluarga terdekat.

Menurut dia, pada tahun 2020 ini banjir sudah tiga kali terjadi dan memaksa warga sekitar harus mengungsi. "Saya rencana mau ke Pamulang, Tangerang Selatan, ke rumah anak. Tahun ini benar-benar ngerepotin bangat, sudah tiga kali disini kena banjir. Setiap kali hujan deras enggak berenti pasti banjir," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak