DKI Siapkan UKM untuk Sambut Balapan Formula E di Monas

Minggu, 16 Februari 2020 - 18:48 WIB
DKI Siapkan UKM untuk Sambut Balapan Formula E di Monas
DKI Siapkan UKM untuk Sambut Balapan Formula E di Monas
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan usaha kecil menengah (UKM) di kawasan Medan Merdeka untuk menyambut perhelatan balap Formula E . Sedikitnya ada 339 UKM yang dilatih melalui program pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT) atau Jakpreneur.

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (PPUKM) DKI Jakarta, Elizabeth Ratu Ranteallo mengatakan, 339 UKM itu merupakan para pedagang Lenggang Jakarta yang nantinya akan ditempatkan di kawasan sisi timur Monas atau dekat stasiun Gambir.

Menurutnya, mereka perlu dilatih karena keberadaannya adalah etalase pelaku UKM di Jakarta. Apalagi penonton dan peserta balap Formula E bukan hanya dari Tanah Air, tapi dari berbagai negara di dunia yang hadir di Monas. (Baca: 3 Juta Penduduk Indonesia Menanti Ajang Formula E di Jakarta)

"Pelatihan yang dilakukan itu akan memberikan citra berniaga yang baik di kalangan penonton Formula E maupun masyarakat yang berwisata ke Monas. Pedagang Lenggang Jakarta harus menjadi contoh ke binaan lainnya, karena mereka adalah etalase wajah Jakarta," kata Ratu saat dihubungi, Minggu (16/2/2020).

Ratu mengatakan, saat ini ratusan pelaku UKM di sana masih didata untuk dimasukan ke dalam program Jakpreneur. Setelah seluruhnya didata, petugas akan memberikannya berbagai pelatihan agar dapat menyajikan dagangan dengan baik dan menarik.

Selain mendapat pembekalan soal berniaga, mereka juga diminta untuk menjaga kebersihan di lingkungan usahanya. Bahkan untuk menarik minat pengunjung, pemerintah daerah akan menghiasi kawasan tersebut dengan ornamen tertentu.

"Kami sudah mengajak mereka untuk bergabung ke dalam program Jakpreneur, karena ada banyak pelatihan-pelatihan yang disediakan baik soft skill maupun hard skill," ucapnya
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4113 seconds (0.1#10.140)