Kerap Banjir, Drainase di Underpass Kemayoran Harus Diperbaiki

Selasa, 04 Februari 2020 - 10:52 WIB
Kerap Banjir, Drainase di Underpass Kemayoran Harus Diperbaiki
Kerap Banjir, Drainase di Underpass Kemayoran Harus Diperbaiki
A A A
JAKARTA - Saluran air di Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat, harus segera diperbaiki. Karena, jika drainase itu tidak diperbaiki maka banjir akan kerap melanda underpass tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Joga. Dia menyarankan, pompa air yang ada di lokasi saat ini dipindah ke lokasi yang lebih tinggi.

"Untuk penanganan banjir di Kemayoran khususnya yang di underpass harus ada perbaikan saluran air dan saluran pembuangannya serta penempatan pompa yang harus dipindah dari posisi sekarang ke tempat yang lebih tinggi (di luar underpass) agar tidak terendam lagi," kata Nirwono saat dihubungi SINDOnews, Selasa (4/2/2020).

Agar tidak kembali tergenang, pemerintah juga harus menata ulang kawasan Kemayoran. Apalagi saat ini Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kemayoran semakin sedikit.

"Selain itu perlu dilakukan penataan ulang tata ruang kawasan Kemayoran secara keseluruhan seperti perlunya dibangun waduk atau danau buatan baru untuk menampung luapan air di sekitar dan membangun atau memperluas RTH baik berupa hutan kota, taman, dan jalur hijaunya," tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah menegaskan, Underpass Kamayoran adalah tanggung jawab penuh ada di tangan pemerintah pusat bukan DKI. Karena, sebelumnya kawasan ini merupakan landasar pesawat terbang yang kini sudah pindah ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini otoritas tanggung jawab (Pengelola Pusat Kawasan) PPK Kemayoran. Tapi karena wilayah, kami turut berpartisipasi," kata Saefullah. (Baca Juga: Underpass Kemayoran Banjir, Kementerian PUPR Akan Panggil PPK Kemayoran(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6035 seconds (0.1#10.140)