alexametrics

Petugas Berjibaku Atasi Banjir yang Kembali Tutup Underpass Kemayoran

loading...
Petugas Berjibaku Atasi Banjir yang Kembali Tutup Underpass Kemayoran
Genangan hampir setinggi empat meter kembali menutup Underpass Kemayoran, Minggu (2/2/2020). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Genangan hampir setinggi empat meter kembali menutup Underpass Kemayoran, Minggu (2/2/2020). Upaya pengeringan hingga kini terus dilakukan oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pemprov DKI sudah mengerahkan tim gabungan untuk mengatasi banjir yang kembali merendam Underpass Kamayoran. Termasuk pengerahan pompa mobile berkapasitas masing-masing 500 liter per detik. (Baca juga: Underpass Penghubung Jakarta Pusat dan Utara Tergenang Banjir Setinggi 5 Meter)

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, saat ini pihaknya telah mengerahkan enam pompa mobile untuk mengatasi genangan yang memenuhi Underpass Kemayoran.



"Tiga dari Suku Dinas SDA Jakarta Utara dan tiga lagi dari Jakarta Pusat," kata Juaini saat dihubungi, Minggu (2/2/2020). (Baca juga: Underpass Penghubung Jakarta Pusat dan Utara Tergenang Banjir Setinggi 5 Meter)

Underpass Kemayoran memang kerap tergenang setiap turun hujan besar. Untuk itu, kata dia, diperlukan penanganan jangka panjang dengan merekayasa aliran air di sekitar.

Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Pusat Pengelola Kemayoran (PPK) untuk mengatasi genangan di underpass. "Nanti akan kita kerjakan bersama PPK selaku pihak yang berwenang di underpass itu," pungkasnya.

Saat ini penyedotan air di Underpass Kemayoran terus dilakukan petugas gabungan. Setelah 3,5 jam dilakukan penyedotan, ketinggian air sudah menyurut sekitar 50 sentimeter. (Baca juga: Anies Beberkan Penyebab Underpass Kemayoran Kerap Banjir, Berikut Solusinya)

“Kami yakin kalau seandainya tidak hujan. Sore nanti sudah kering,” kata Komandan Pleton Sektor Kemayoran Damkar Jakarta Pusat, Mulandono di lokasi.

Mulandono mengungkapkan, banjir yang melanda kawasan ini bukan yang pertama. Saat hujan deras turun, genangan kerap kali terjadi. “Di tahun ini saja sudah tiga kali terjadi,” ucapnya.

Karenanya, demi mempercepat penyedotan pihaknya sudah mengerahkan sejumlah mobil damkar. “Kalau cuaca terang kaya gini, saya yakin besok sudah berfungsi normal,” tutupnya. (Baca juga: Menteri PUPR Sebut Drainase di Underpass Kemayoran Perlu Dimodifikasi)

Untuk memperlancar penyedotan dan pengeringan di Underpass Kemayoran, tga petugas PPSU juga nekat menyelam ke dasar underpass. “Sengaja, soalnya tadi pompa PUPR agak kecil airnya,” kata seorang petugas PPSU, Misnan (45), di lokasi.

Pantauan di lokasi, dengan menggunakan rompi pelampung yang terikat tambang, ketiganya nekat masuk ke dalam underpass. Sembari membawa keranjang sampah mereka kemudian merangsek masuk. Di sana mereka menyelam hingga empat meter. Beberapa menit menyelam, sejumlah sampah plastik sisa makan, hingga pelepah pohon pisang di temukan.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak