Antisipasi Banjir, DKI Tambah Enam Alat Digital Warning System

Jum'at, 17 Januari 2020 - 06:02 WIB
Antisipasi Banjir, DKI Tambah Enam Alat Digital Warning System
Antisipasi Banjir, DKI Tambah Enam Alat Digital Warning System
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan memiliki 20 alat Digital Warning System (DWS) di Daerah Aliran Sungai (DAS). Tahun ini ada penambahan enam set yang rencananya dipasang di enam titik dengan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Kepala Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohammad Insyaf mengatakan, sesuai nilai yang ada di e-budgeting, pengadaan enam set DWS tahun ini sebesar Rp4,03 miliar.

Enam titik DWS berada di enam kelurahan yakni Bukit Duri, Kebon Baru, Kedaung Kali Angke, Cengkareng Barat, Rawa Terate, dan Marunda. Menurutnya, enam itu sudah memenuhi kebutuhan di DAS dan menambah yang sudah ada sebelumnya 14 titik.

DWS tersebut berupa pengeras suara atau toa jarak jauh. Setiap DWS terdiri dari empat pengeras suara yang dipasang di satu tiang mengarah ke empat mata penjuru angin dengan jarak dengar hingga 500 meter. (Baca juga: IAP DKI: Butuh Langkah Radikal Hadapi Banjir di Jakarta)

Insyaf menyebutkan DWS terkoneksi dengan sistem peringatan dini banjir. Menurutnya, saat tinggi muka air bendungan atau pintu air mencapai siaga 3, DWS otomatis akan berbunyi sebagai peringatan banjir kepada warga

"Ini (toa) berbunyi saat pintu air siaga 3 bersamaan dengan peringatan dini yang dikirimkan SMS blast dan WhatsApp grup kelurahan-kelurahan," ujar Insyaf, Kamis (16/1/2020).

Selain pengadaan DWS, BPBD juga menganggarkan biaya pemeliharaan alat DWS yang keduanya dianggarkan dalam nomenklatur pemeliharaan dan pengembangan Pusdatin (DIMS, EWS, Medsos, dan Call Center 112).

Untuk pemeliharaan DWS, BPBD mengalokasikan Rp165 juta untuk 14 set alat DWS di 14 titik.

Adapun 14 set alat DWS yang tersebar di 14 kelurahan yakni:
1. Ulujami, Jakarta Selatan
2. Petogogan, Jakarta Selatan
3. Cipulir, Jakarta Selatan
4. Pengadegan, Jakarta Selatan
5. Cilandak Timur, Jakarta Selatan
6. Pejaten Timur, Jakarta Selatan
7. Rawa Buaya, Jakarta Barat
8. Kapuk, Jakarta Barat
9. Kembangan Utara, Jakarta Barat
10. Kampung Melayu, Jakarta Timur
11. Bidara Cina, Jakarta Timur
12. Cawang, Jakarta Timur
13. Cipinang Melayu, Jakarta Timur
14. Kebon Pala, Jakarta Timur
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)