Labfor Polri Sebut Korosi Rangka Bangunan Sebabkan Gedung Roboh

Selasa, 07 Januari 2020 - 13:24 WIB
Labfor Polri Sebut Korosi Rangka Bangunan Sebabkan Gedung Roboh
Labfor Polri Sebut Korosi Rangka Bangunan Sebabkan Gedung Roboh
A A A
JAKARTA - Puslabfor Mabes Polri menduga penyebab gedung roboh di Jalan Brigjen Katamso, Jakarta Barat, karena korosi rangka bangunan. Meski demikian penyidikan masih dilakukan polisi terhadap ambruknya gedung itu.

"Dari hasil pengamatan dan analisa awal yang bisa kita simpulkan sebagai awal itu akibat adanya korosi daripada air ke dalam struktur beton sehingga sambungan-sambungan tiang itu telah mengalami pelapukan akibat proses korosi," ungkap Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik (Balmetfor) Puslabfor Polri, Kombes Pol Ulung Kanjaya di lokasi, Selasa (7/1/2020).

Ulung memperkirakan proses korosi di bangunan ini sudah berlangsung cukup lama dan puncaknya terjadi pada Senin, 6 Januari 2020 kemarin, kondisi ini akibat tak kuat menahan beban bangunan."Ada barang bukti yang kita temukan banyak sudah alami proses korosi yang sudah hampir separuh kemakan diameternya," kata Ulung. (Baca: Polres Jakbar Masih Tunggu Hasil Labfor Terkait Penyebab Gedung Roboh)

Terlebih kebocoran yang terjadi hingga masuk ke strukrur beton. Hal ini disebab karena baja yang dipakai adalah baja polos, baja karbon rendah, baja jenis itu gampang alami korosi. Dengan curah hujan yang tinggi di awal tahun, lanjut Ulung, membuat bangunan lapuk dan tak kuat menampung beban.

"Karena strukturnya tidak baik dalam hal airnya sehingga ada air yang terjebak. Itu menambah beban dari struktur," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5493 seconds (0.1#10.140)